Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) I Gusti Ngurah Rai, memperingati Hari Bakti ke-75 TNI AU pada 29 Juli 2022. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) I Gusti Ngurah Rai, memperingati Hari Bakti ke-75 TNI AU pada 29 Juli 2022. Tema pada peringatan tahun ini adalah “Dilandasi Semangat Kepahlawanan 29 Juli 1947, TNI AU Siap Mewujudkan Angkatan Udara yang Disegani di Kawasan.”

Peringatan ini untuk mengenang peristiwa heroik pada 29 Juli 1947. Saat itu, pesawat Dakota nomor registrasi VT-CLA yang membawa bantuan obat-obatan dan alat kesehatan bagi masyarakat Indonesia, ditembak jatuh musuh. Seluruh awak pesawat, para pendahulu TNI Angkatan Udara, gugur sebagai kusuma bangsa.

Baca juga:  Dua Hari, Karangasem Tambah 15 Kasus Baru Covid-19

Lanud I Gusti Ngurah Rai dikutip dalam rilisnya, bersinergi dengan berbagai pihak melaksanakan berbagai kegiatan sosial untuk membantu masyarakat. Seperti bakti sosial Pemeriksaan Mata, Pemberian Kacamata dan Operasi Katarak, di Puri Ageng Blahbatuh Gianyar dengan jumlah 256 pasien.

Kemudian kegiatan donor darah yang diikuti seluruh personel Lanud I Gusti Ngurah Rai, TNI-Polri wilayah Bali, ibu-ibu PIA Ardhya Garini Cab.5/D.II Lanud I Gusti Ngurah Rai, serta komunitas Bandara I Gusti Ngurah Rai. Selain itu, Lanud I Gusti Ngurah Rai juga melakukan bakti sosial berupa pemberian tali asih, kegiatan bersih-bersih pantai dan pelepasan 150 ekor tukik, bertempat Pantai Kelan Tuban, Badung, bakti sosial Pengobatan Massal, Vaksinasi dan pemberian tali asih kepada penyandang tuna netra di Kantor Sekretariat Persatuan Tunanetra Indonesia Bali.

Baca juga:  Letkol Lek Iswahyudi Jabat Kadisops Lanud I Gusti Ngurah Rai

Untuk menghormati dan mengenang kembali semangat perjuangan yang telah ditunjukkan para pahlawan, Lanud I Gusti Ngurah Rai melaksanakan upacara Ziarah Rombongan di Taman Makam Pahlawan Pujaan Bangsa Margarana, Tabanan.

Pada Peringatan Hari Bhakti TNI AU Ke-75, Lanud I Gusti Ngurah Rai menggelar upacara dengan Komandan Lanud  I Gusti Ngurah Rai Kolonel Pnb Putu Sucahyadi, S.AP., M.Sc., M.M.S., sebagai Inspektur Upacara.

Dalam Amanat Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., yang dibacakan Danlanud menyampaikan, generasi penerus harus menjadikan momen Hari Bakti ini sebagai bukti tanda pengabdian kepada Tanah Air. Caranya, dengan berbagai kegiatan sosial untuk membantu masyarakat dan berbagai bentuk kegiatan lainnya yang akan meringankan beban masyarakat di sekitar. Lebih Lanjut Kasau mengatakan, tengah kondisi pemulihan pandemi Covid-19, TNI AU harus dapat menjadi pelopor dan mengajak seluruh elemen bangsa untuk terus menumbuhkan optimisme untuk bersatu dan saling bahu membahu. (Yudi Karnaedi/balipost)

Baca juga:  Tim Bulu Tangkis Bali di Ambang Lolos PON
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *