Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan keterangan. (BP/Dokumen Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Dua partai, yakni PAN dan Golkar akan membahas penawaran yang diajukan PDI Perjuangan tentang pengusungan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024. Hal itu disampaikan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di Istana Kepresidenan Jakarta, seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Senin (5/6).

Sebelumnya PAN ditawari PDI Perjuangan untuk ikut mengusung Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. Tawaran itu diajukan saat PAN bertandang ke Kantor DPP PDI Perjuangan Jumat (2/6).

Baca juga:  Dibandingkan 2019, MK Prediksi Jumlah PHPU Alami Kenaikan

Airlangga menyampaikan sepengetahuannya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan akan berkoordinasi dengan Partai Golkar terkait hal tersebut. “Tentu ya kemarin Ketua Umumnya Pak Zulhas (Zulkifli Hasan) mengatakan akan berkoordinasi dengan Partai Golkar juga,” terangnya.

Adapun terkait pencapresan dari Partai Golkar, Airlangga menyampaikan sesuai mandat Rapat Kerja Nasional Partai Golkar, dirinya selaku Ketua Umum Golkar diberi keleluasaan oleh internal partai untuk memutuskan capres dan cawapres pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024, termasuk soal koalisi.

Baca juga:  Tertibkan Perbekel Jadi Pengurus Parpol

Dia menekankan sesuai keputusan Munas, Rapim, dan Rakernas Golkar tidak akan ada pergeseran dirinya sebagai capres yang akan diusung Partai Golkar pada Pilpres 2024. “Itu hasil keputusan Munas, Rapim, dan Rakernas, jadi tidak ada geser (perubahan) itu,” kata Airlangga menyoal pencapresan dirinya dari Golkar.

Airlangga menyebut wacana dirinya maju dalam pilpres bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan masih terbuka.

Hari ini, PAN dikabarkan akan melakukan pertemuan politik dengan Partai Gerindra. Airlangga menyikapi pertemuan sebagai hal yang biasa karena menurutnya Golkar sering bertemu dengan Gerindra. “Tiap saat juga PAN sudah bertemu dengan Gerindra. Golkar juga setiap saat bertemu dengan Gerindra,” kata Airlangga.

Baca juga:  Ini, Prediksi Para Ahli tentang Pergerakan Harga Bitcoin di 2022

Dia menekankan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri atas Golkar, PAN, dan PPP tidak akan bubar. Dia mengatakan KIB justru terbuka bagi partai lain untuk bergabung. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN