Ilustrasi (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Gula di dalam darah manusia merupakan hal penting yang harus dikendalikan kadarnya. Diabetes termasuk penyakit yang umum di Indonesia. Tak mengenal usia, diabetes juga bisa terjadi pada bayi.

Mengetahui tanda diabetes pada bayi penting untuk dilakukan, apalagi jika kedua orangtua bayi itu menderita diabetes, sehingga peluang untuk bayi terkena diabetes sangat mudah.

Diabetes tipe 1 merupakan diabetes yang paling sering ditemukan pada bayi dan anak-anak. Diabetes tipe 1 ini merupakan penyakit autoimun yang mengakibatkan pankreas berhenti memproduksi insulin.

Diabetes tipe 2 juga dapat menyerang bayi meski sangat jarang dengan penyebabnya dimana insulin tidak cukup dihasilkan pancreas, atau sensitivitas sel terhadap insulin turun sehingga gula dalam darah tinggi.

Baca juga:  Kedepankan Kehati-hatian, Ini Indikator Indonesia Lakukan Transisi Pandemi ke Endemi

Kondisi medis tertentu atau kelainan genetic, seperti sindrom Down dan sindrom Turner, juga dapat menyebabkan diabetes tipe 2 pada anak. Gejala diabetes ini pun biasanya berkembang dengan cepat, yakni dalam jangka waktu beberapa minggu saja.

Beberapa tanda diabetes pada bayi yang bisa kita amati, dilansir dari berbagai sumber :

  1. Kelelahan

Bayi yang tampak lemas seperti kekurangan tenaga bisa disebabkan karena berkurangnya pasokan gula ke sel-sel tubuh.

2. Kehilangan Berat Badan Yang Tidak Dapat Dijelaskan

Hal ini disebabkan karena tubuh yang tidak dapat menyerap energi dari gula darah, dan dapat membuat jaringan otot dan simpanan lemak lekas menyusut.

Baca juga:  Dibonceng Suami, Jatuh Langsung Meninggal

3. Sering Muntah

Diabetes pada bayi akan membuat mereka sering muntah tanpa sebab yang jelas. Kejadian ini umumnya akan berlangsung selama 3-5 hari berturut-turut yang disebabkan kadar gula dalam tubuhnya meningkat

4. Luka yang Sulit Sembuh

Diabetes pada bayi akan membuat luka pada tubuhnya menjadi sulit untuk sembuh. Meskipun luka hanya sebatas goresan kuku pada kulit, jika luka tidak kunjung membaik, ini bisa jadi pertanda diabetes.

5. Sering Buang Air Kecil dan Sering Haus

Baca juga:  Kopi Kedelai, Dipercaya Bisa Atasi Diabetes

Ini juga bisa menjadi tanda diabetes pada bayi yang disebabkan oleh peningkatan kada gula darah di dalam tubuhnya. Saat kadar gula darah dalam tubuh meningkat, akan lebih banyak gula yang dibuang melalui ginjal.

6. Rewel

Tanda diabetes pada bayi berikutnya adalah bayi mudah rewel. Hal ini disebabkan karena bayi mengalami kehausan dan mual karena adanya peningkatan kadar gula darah di dalam tubuhnya.

itulah beberapa gejala diabetes pada bayi. Jika bayi sudah menunjukan berbagai tanda diabetes yang sudah dijelaskan di atas, maka segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter. (Sinta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *