Nasi campur Men Weti. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bali merupakan destinasi wisata yang patut dikunjungi. Selain karena keindahan alam dan budayanya yang sudah mendunia, Bali juga terkenal dengan berbagai kuliner khas yang menggugah selera dan sulit dilupakan.

Saat liburan di Bali, sejumlah kuliner ini wajib kamu coba. Dijamin, kalian gak bakalan menyesal setelah mencicipinya :

1. Warung Men Weti

Warung ini merupakan tempat makan enak di Bali yang terletak tidak terlalu jauh dari Pantai Sindu, Sanur. Dengan menu andalannya nasi campur, warung ini mulai beroperasi pukul 8.00 WITA.

Tidak perlu khawatir dengan rasa masakannya. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengunjung yang selalu datang ke warung ini.

Menu andalan nasi campur ini disajikan dengan berbagai pilihan daging hingga sayur. Seperti sayur urap bali, ayam betutu, pindang sambal tomat, sambal mantah, telur pindang, dan keripik kulit ayam. Warung ini mempunyai rasa yang ciri khas dijamin dapat menggoyang lidah kamu.

Baca juga:  Lewat PKB, Pedagang Kuliner Diajak Lestarikan Kekhasan Makanan Tradisional Bali

2. Warung Wardani

Memang warung ini terletak agak sedikit jauh dari keramaian kota Denpasar. Akan tetapi, warung ini tidak kalah banyak peminatnya.

Warung Wardani menyajikan kuliner khas bali dengan menu yang tentu sangat menggiurkan yaitu nasi campur ayam dan nasi campur daging. Memang terdengar biasa tetapi masakannya mengedepankan cita rasa khas dan aroma rempah-rempah Bali.

Nasi campur sebagai menu utama ini dibandrol dengan harga sekitar 30.000 hingga 40.000. Warung Wardani beralamat di Jl. Yudhistira Nomor 2 Denpasar. Bahkan sekarang buka cabang di Bandara Ngurah Rai International Airport. Buka dari pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore.

3. Nasi Tekor

Menu yang disajikan adalah nasi campur dengan lauk lawar biu (pisang) batu, ayam serapah, sambal Bali, ayam panggang dan kuah ares. Yang membuat unik adalah pemandangannya.

Salah satu tempat nongkrong di Bali ini menyuguhkan pemandangan era 90-an. Nasi tekor ini beralamat di Jl. By Pass Ngurah Rai Tohpati Nomor 28 Denpasar.

Baca juga:  Berlibur di Bali, Jokowi dan Keluarga Kunjungi Bali Safari

4. Ayam Betutu Men Tempeh

Jika kamu berlibur menggunakan mobil dan menyeberang lewat Pelabuhan Gilimanuk, kamu bisa menyempatkan diri wisata kuliner dengan berkunjujg ke Ayam Betutu Men Tempeh. Ayam betutu memang salah satu sajian khas Bali yang terkenal dan lezat yang harus kamu cicipi ketika mengunjungi pulau ini.

Di sini kamu akan menikmati lezatnya ayam dengan bumbu rempah komplit khas Bali yang memiliki rasa pedas dan akan membuatmu ketagihan. Oh ya, selain ayam, bumbu betutu juga biasa digunakan untuk memasak daging bebek.

Ayam Betutu Men Tempeh ini memiliki beberapa cabang di berbagai lokasi di Bali, mulai GIlimanuk, Melaya, hingga Jembrana. Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-21.00 WITA. Buat kamu yang beragama Islam, jangan ragu untuk berkunjung ke tempat ini karena hidangan di sini halal.

Baca juga:  Delegasi IMF-WB Kunjungi Gianyar

5. Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku

Wisata kuliner Bali berikutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku. Warung ini wajib kamu singgahi ketika kamu mengunjungi daerah Ubud.

Seperti namanya warung ini menyajikan berbagai hidangan halal berbahan dasar ayam yang menggugah selera. Selain itu, setiap porsinya juga akan dilengkapi dengan sate lilit, telur, dan sayuran lawar.

Hidangan juga akan dilengkapi dengan sambal yang pedas yang menambah kelezatan sajian ayam tersebut.
Di sini para pengunjung bisa merasakan kelezatan hidangan yang disajikan sambil menikmati suasana tradisional khas Bali yang nyaman.

Warung ini terletak di Jl. Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Warung ini juga buka setiap hari pada pukul 07.00-21.00 WITA.

Tunggu apa lagi! Mumpung libur, gak ada salahnya kamu coba salah satu kuliner khas Bali ini. (Wulan/balipost)

BAGIKAN