Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Wayan Koster menyerahkan DCS Bacaleg DPRD Provinsi Bali Fraksi PDI Perjuangan Provinsi Bali kepada Ketua KPU Provinsi Bali di Kantor KPU Provinsi Bali, Kamis (11/5). (BP/win)

DENPASAR, BALIPOST.com – Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Provinsi Bali serentak mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) Anggota DPRD Provinsi Bali pada Pemilu Serentak 2024 ke KPU Provinsi Bali, Kamis (11/5). Sebanyak 55 orang kader terbaik PDI Perjuangan dari seluruh kabupaten/kota se-Bali didaftarkan Bacaleg DPRD Provinsi Bali.

Dari jumlah ini ditargetkan mampu meraih minimal 38 kursi Anggota DPRD Provinsi Bali tahun 2024. Pendaftaran Bacaleg disemarakkan dengan parade budaya.

Mulai dari arak-arakan atribut partai, Barong Banteng, Okokan, Wayang, Topeng, komunitas petani dan nelayan yang diiringi alunan baleganjur. Parade Budaya dimulai dari Kantor DPD PDI Perjuangan berjalan menuju Kantor KPU Bali. Para Bacaleg diantar langsung oleh seluruh Pengurus DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali yang dipimpin langsung oleh Ketua DPD PDI Perjuangan, Wayan Koster bersama Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Jaya Negara, dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan Provinsi Bali, Dewa Made Mahayadnya selaku Koordinator Acara, serta Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Provinsi Bali, Tjokorda Gede Agung, dan Bendahara, serta Satgas PDI Perjuangan Provinsi Bali.

Para Bacaleg dan Pimpinan DPD PDI Perjuangan tiba pukul 08.30 WITA di Kantor KPU Bali yang disambut langsung oleh Ketua KPU Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan bersama anggota, serta dihadiri oleh Bawaslu Bali.

Seusai menyerahkan daftar calon sementara (DCS) Bacaleg ke KPU Provinsi Bali, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Wayan Koster menjelaskan alasan memilih Kamis, 11 Mei 2023 karena hari ini merupakan hari baik berdasarkan kearifan lokal Bali. Sehingga, sangat tepat untuk mendaftarkan kader-kader terbaik PDI Perjuangan se-Bali sebagai Bacaleg DPRD Provinsi Bali 2024.

Kader-kader yang didaftarkan ini sudah teruji menjalankan tugasnya di kepartaian dan sebagai anggota lesgislatif di kabupaten/kota dan Provinsi Bali. Bahkan, ada yang menjadi Bupati. “Semuanya total ada 55 orang sesuai dengan jumlah kursi yang ada di DPRD Provinsi Bali,” ujar Wayan Koster.

Baca juga:  Alarm untuk Masyarakat! Warga Meninggal Terinfeksi COVID-19 di Bali Sudah Lampaui 1.400 Orang

Dikatakan, dari 55 orang Bacaleg ini ditargetkan minimal meraih 38 kursi. Untuk itu, seluruh Bacaleg ini diharapkan mampu berkontribusi dan demokratis untuk menyuseskan Pemilu serentak 2024.

Sehingga, perolehan suara PDI Perjuangan Provinsi Bali pada Pemilu 2024 meningkat dari Pemilu tahun 2019. Yaitu, dari 33 kursi DPRD Provinsi Bali yang diraih pada Pemilu 2019, meningkat menjadi 38 kursi dari Fraksi PDI Perjuangan.

Apabila target ini tercapai, Wayan Koster optimis pembangunan Bali ke depan yang didorong oleh PDI Perjuangan dengan visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru dapat diwujudkan dengan utuh untuk menjaga dan memajukan alam, manusia, dan kebudayaan Bali. “Dengan hati yang tulus kami dari PDI Perjuangan se-Bali memohon doa restu dan dukungan masyarakat Bali agar PDI Perjuangan meraih suara terbaik dan terbanyak pada Pemilu 2024 nanti,” harap Wayan Koster.

Gubernur Koster memaparkan target masing-masing kursi di setiap kabupaten/kota se-Bali. Untuk di Kabupaten Buleleng ditargetkan 8 kursi yang semula 6 kursi. Kabupetan Karangasem dari 3 kursi ditargetkan menjadi 5 kursi. Kabupaten Gianyar dari 5 kursi ditergetkan menjadi 6 kursi. Kabupaten Klungkung ditargetkan tetap minimum 2 dari 3 kursi.

Begitu juga di Kabupaten Bangli. Sedangkan di Kota Denpasar dari 5 kursi ditargetkan 6-7 kursi. Di Kabupaten Tabanan dari 4 kursi menjadi 5 kursi. Sementara, di Kabupaten Badung dan Jembrana diharapkan tetap bisa bertahan. Sehingga, secara keseluruhan anggota DPRD Bali dari Fraksi PDI Perjuangan Provinsi Bali minimal 38 kursi.

Baca juga:  Saat Vaksin COVID-19 Datang, Kelompok Ini yang akan Diprioritaskan

Wayan Koster mengatakan, pada hari yang sama DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali tidak saja mendaftarkan Bacaleg DPRD Provinsi Bali, namun juga Bacaleg di kabupaten/kota se-Bali secara serentak. “Mudah-mudahan dengan jalan yang baik ini, astungkara akan memperoleh hasil yang terbaik bagi dan untuk masyarakat Bali,” tandasnya.

Ditanya terkait Jokowi effect pada Pemilu 2019 lalu, Wayan Koster menegaskan bahwa di Bali yang berpengaruh adalah “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” effect. Sehingga, ia tetap optimis target 38 kursi DPRD Provinsi Bali bisa dicapai. Di samping juga bergantung dari effect calon Presiden RI dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo.

Terkait parade budaya yang menyemarakkan pendaftaran Bacaleg DPRD Provinsi Bali, Wayan Koster menjelaskan bahwa parade budaya ini sebagai wujud dari prinsip Tri Sakti Bung Karno. Khususnya yang berkaitan dengan berkepribadian dalam kebudayaan. Di samping juga sejalan dengan visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” yang menjadikan budaya sebagai haluan pembangunan Bali.

Nama-nama Caleg Anggota DPRD Provinsi Bali yang didaftarkan PDI Perjuangan Provinsi Bali pada Pemilu Serentak 2024 sesuai dengan Surat Keputusan DPP PDI Perjuangan Nomor: 734/KPTS/DPP/V/2023, Tanggal 3 Mei 2023.

Kota Denpasar:
1. Ni Wayan Sari Galung, S.Sos.
2. Anak Agung Ngurah Adhi Ardhana, ST.
3. I Wayan Kariarta, S.Sos.
4. Anak Agung Gede Agung Suyoga, SH.,M.Kn.
5. I Made Kondra, SH.
6. Anak Agung Istri Paramita Dewi, SH.
7. I Gusti Ngurah Gede Marhaendra Jaya, SH.
8. Ni Komang Sriyani

Kabupaten Badung
1. I Ketut Tama Tenaya, SS.,M.Si.
2. I Bagus Alit Sucipta, SH.
3. Ni Made Sumiati, SH.
4. Drs. I Nyoman Laka
5. I Wayan Bawa, SH.
6. Ni Putu Cyntia Maseni, SE.,MM.

Kabupaten Tabanan
1. I Ketut Suryadi, S.Sos.,MM.
2. I Made Supartha, SH.,MH.
3. I Gusti Ayu Komang Sri Indriani, SH.
4. I Ketut Purnaya, S.Sos.
5. Ni Putu Sri Utami, SE.
6. I Wayan Adi Agus Darmawan, SE.

Baca juga:  Buleleng Lelang Jabatan Kadis dan Kaban

Kabupaten Jembarana
1. I Made Kembang Hartawan, SE.,MM.
2. I Ketut Sugiasa, SH.,M.Si.
3. Ni Putu Hindayani
4. Drs. I Gusti Agung Bagus Suryadana, M.Si.

Kabupaten Buleleng
1. Dewa Made Mahayadnya
2. Drs. Gede Kusuma Putra, Ak.,MBA.,MM.
3. Made Russaraswatini, SH.
4. Putu Mangku Mertayasa, SH.,MH.
5. I Kadek Setiawan
6. Mega Terorisawati
7. Drs. I Ketut Rochineng, SH.,MH.
8. Dewa Nyoman Rai, SH.
9. Ni Ketut Kinanti Wulandari
10. Gede Aman Rudi Sulantara
11. Gusti Made Artana
12. Ketut Witarmi

Kabupaten Bangli
1. I Nyoman Budiutama, SH.
2. Sang Nyoman Putra Erawan
3. I Gusti Ayu Sri Dharmayanti

Kabupaten Karangasem
1. I Nyoman Oka Antara, SH.,MAP.
2. I Nyoman Purwa Ngurah Arsana, ST.
3. Ni Kadek Darmini, SE.
4. I Wayan Ariawan, SH.
5. Komang Sunantri
6. Ni Kadek Sulastri
7. I Putu Suryandanu Willyan Richart, SE.,MM.

Kabupaten Klungkung
1. Tjokorda Gede Agung, S.Sos.
2. I Nyoman Suwirta
3. Tjokorda Istri Agung Putri Gitaloka

Kabupaten Gianyar
1. Drs. I Wayan Tagel Winarta, M.Si.
2. Putu Diah Pradnya Maharani
3. Drs. I Made Budastra
4. Dra. Ni Luh Yuniati, M.Si.
5. Made Rai Warsa, S.Sos.
6. Anak Agung Gede Agung Wira Mantara

Sementara itu, kader-kader terbaik PDI Perjuangan Provinsi Bali yang menjadi Caleg DPR RI 2024, yaitu Nyoman Adi Wiryatama, Gusti Putu Budiarta, I Gusti Ayu Aries Sujati, IGA. Diah Werdhi Srikandi Wedasteraputeri Suyasa, dan Sagung Ratu. Empat petahana, yaitu, IGN Kesuma Kelakan (Alit Kelakan), Wayan Sudirta, Ketut Kariasa Adnyana, dan I Nyoman Partha. (Winatha/balipost)

BAGIKAN