Wisatawan berbaur dengan warga menikmati suasana pantai di Sanur, Denpasar. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Libur Lebaran ini tingkat okupansi hotel di Denpasar naik cukup signifikan. Setidaknya, tingkat hunian mampu mencapai 90 persen. Kondisi ini tidak terlepas dari banyak wisatawan domestik yang berlibur ke Bali. Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Dezire Mulyani, Kamis (27/4).

Dikatakan, saat hari biasa, okupansi hotel di Denpasar berkisar antara 50 hingga 60 persen. Namun pada liburan kali ini naik dan berkisar antara 80-90 persen. “Banyak wisatawan domestik yang datang ke Bali khususnya Denpasar, apalagi dengan adanya tol Jawa sehingga perjalanan lebih singkat,” katanya.

Baca juga:  Ratusan Mahasiswa Unwar Ikuti “Roadshow” Kampus Bali Digifest Hari Ketiga

Selain itu, fasilitas kawasan Sanur menurut Dezire juga turut menjadi daya tarik wisatawan ke Denpasar. Sehingga selain berwisata, mereka banyak yang memanfaatkan fasilitas tersebut untuk berolahraga.

Dezire menambahkan, wisatawan yang datang ke Denpasar didominasi oleh wisatawan domestik. Kebanyakan dari mereka datang dari Jakarta, Bandung, maupun Surabaya.

Meskipun demikian, perbedaan jumlah wisatawan domestik dengan mancanegara tidak terlalu jauh. “Wisatawan domestik 60 persen, sementara mancanegara 40 persen,” kata Dezire.

Baca juga:  Tambahan Kasus COVID-19 Bali Melonjak Lagi! Di Atas 500 Orang

Adapun puncak kunjungan wisatawan ke Denpasar terjadi pada Kamis, 20 April 2023. Kemudian besoknya sedikit mengalami penurunan dan naik kembali pada Sabtu, 22 April 2023. “Sementara untuk arus baliknya dari Denpasar masih berlanjut hingga hari ini,” kata Dezire. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN