Penumpang di Terminal Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. (BP/Dokumen)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Dinas Perhubungan (Disbud) Kabupaten Badung, telah mempersiapkan skema pengamanan dalam rangka Idul Fitri 1444 H. Dishub akan bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan di bidang lalu lintas.

Kadishub Kabupaten Badung, AA Ngurah Rai Yuda Darma, mengatakan persiapan yang telah dilakukan memploting personil pada Pospam dan Posyan yang dibentuk oleh stakeholder terkait. “Ada juga melakukan ramp check gratis bagi kendaraan yang akan melakukan mudik yang dilakukan oleh BPTD Wilayah XII di Terminal Mengwi,” ujar Yuda Darma, Jumat (7/4).

Menurutnya, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi dan stakeholder terkait dalam hal pengambilan Langkah-langkah pengaturan, pengamanan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan selama arus mudik dan arus balik.

Baca juga:  Nyepi di Badung, Dishub Turunkan Kekuatan Penuh

“Titik-titik lokasi penjagaan, pengaturan dan pengamanan lalu lintas yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Badung jika sama dengan pos-pos seperti tahun lalu akan didirikan di sejumlah titik,” jelasnya.

Dijelaskan, lokasi yang akan menjadi pos pengamanan (Pospam) adalah di pintu masuk Terminal Tipe A Mengwi tepatnya di simpang jalan Terminal Mengwi, Pos pelayanan terpadu di Terminal Tipe A Mengwi, Pos Pengamanan Pantai Kuta.

“Untuk pendirian pos-pos tersebut masih menunggu informasi dan konfirmasi dari stakeholder terkait. Sedangkan, untuk kegiatan penjagaan, pengamanan, dan pengaturan lalu lintas kami mengerahkan sebanyak 165 petugas operasional lapangan,” kata Yuda.

Baca juga:  Dukung Pos Penyekatan Mudik, Dishub Badung Kerahkan Seratusan Personil

Ia memaparkan ratusan personal yang terlibat, yakni anggota UPTD Pengelolaan Prasarana Teknis Perhubungan Badung Utara sebanyak 70 orang, anggota Uptd Pengelolaan Prasarana Teknis Perhubungan Badung Utara sebanyak 78 orang, bidang lalu lintas untuk pengendalian simpang melalui ATCS sebanyak 15 orang. Pengaturan penugasan personel operasional disiapkan dalam 3 shift untuk setiap harinya di Pos Pelayanan maupun di Pos Pengamanan.

Birokrat asal Kerobokan, Kuta Utara ini memprediksi akan terjadi peningkatan volume lalu lintas di kawasan Kuta dan obyek-obyek wisata lainnya di Badung Selatan. Peningkatan ini dampak dari libur Lebaran 2023 yang berpotensi meningkatkan kepadatan volume lalu lintas.

Baca juga:  Parkir Liar di Pecatu, Ban Kendaraan Digembosi

“Demikian juga dengan peningkatan volume lalu lintas di ruas jalan Mengwitani, Kapal, Lukluk, Sempidi pada waktu arus mudik dan arus balik,” sebutnya.

Pihaknya akan memantau arus lalu lintas di CC Room melalui 36 kamera CCTV di 34 persimpangan dan mengurai arus lalu lintas apabila terjadi kemacetan lalu lintas. (Parwata/balipost)

BAGIKAN