Pemedek terjebak di Pura Goa Raja, Besakih saat melakukan persembahyangan karena hujan deras. (BP/istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Sejumlah pemedek terjebak di Pura Goa Raja Besakih akibat derasnya aliran sungai karena hujan lebat yang mengguyur Kamis (6/4). Para pemedek tersebut dievakuasi petugas BPBD Gianyar yang kebetulan saat itu bertugas di Besakih.

Kapolsek Rendang Kompol Made Suadnyana, Jumat (7/4) mengungkapkan, bahwa rombongan tersebut berasal dari Denpasar. Mereka datang sekitar pukul 17.50 WITA untuk melakukan persembahyangan ke Pura Goa Raja.

Baca juga:  Jadi Kawasan Pariwisata, LPJU Belum Ada di Amed

Namun ketika tiba di lokasi, tiba-tiba hujan mengguyur dengan deras sehingga air mengalir sangat deras ke pura tersebut. “Pemedek yang terjebak akibat derasnya air sungai tersebut sebanyak 11 orang yang terdiri dari 10 orang dewasa dan 1 balita. Rombongan tersebut tidak bisa lewat karena air sungai cukup deras dan tinggi, sehingga semuanya terjebak di Pura tersebut,” ujarnya.

Suadnyana, mengatakan, rombongan sempat menunggu kurang lebih satu jam, akan tetapi air tidak kunjung surut dan justru semakin deras. Akhirnya, mereka minta dievakuasi agar bisa keluar dari lokasi tersebut. “Setelah dilakukan evakuasi oleh BPBD Kabupaten Gianyar yang kebutuhan yang bertugas saat itu di Pura Agung Besakih seluruh pemedek yang terjebak berhasil dievakuasi dengan selamat,” kata Suadnyana.

Baca juga:  Tingkatkan Respons Tangani Kecelakaan, Bandara Ngurah Rai Gelar "Modular Exercise"

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Gianyar, I Gusti Ngurah Dibya Presasta, mengatakan, kalau lokasi pemedek yang bakal dievakuasi cukup terjal. “Posisi lumayan terjal,sehingga kita merubah jalur untuk melakukan evakuasi. Syukur semuanya dapat evakuasi dengan selamat,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *