Suasana di kawasan Pura Besakih saat pelaksanaan IBTK, Minggu (20/3/2022). (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Upacara Ida Betara Turun Kabeh (IBTK) di Pura Besakih berlangsung dari 5 hingga 26 April 2023 atau selama 3 minggu. Terkait kegiatan ini, Polda Bali akan mengerahkan personelnya membantu Polres Karangasem melakukan pengamanan dan rekayasa lalu lintas supaya tidak macet.

Menurut Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Satake Bayu, Rabu (29/3) untuk jumlah personel Polda Bali yang dikerahkan ke Pura Besakih masih dikoordinasikan. “Yang jelas jumlahnya pasti banyak,” tegasnya.

Baca juga:  Sepekan Terakhir, Jumlah Kasus Aktif Covid-19 Terus Turun

Rencananya rekayasa lalu lintas (lalin) yakni pengaturan dan pengalihan arus lalin sudah dibuat. Kombes Satake menjelaskan, seluruh kendaraan masuk dari satu jalur baik yang datang dari wilayah Klungkung, Karangasem, dan Batur (Bangli) melalui Simpang Tiga Kantor Camat Menanga menuju Pura Besakih.

Skema rekayasa lalin saat IBTK di Pura Agung Besakih. (BP/Istimewa)

Untuk bus atau kendaraan roda empat parkir di Terminal Kedungdung, sedangkan keluarnya kembali ke jalur semula. Sedangkan kendaraan roda dua dan empat parkir di area Parkir Manik Mas dan keluar seluruhnya melalui Simpang Tiga Poh Udang menuju Simpang Batusesa (Yeh Sah).

Baca juga:  Longsor Sempat Tutup Akses ke Pura Agung Besakih, Warga dari Klungkung Diimbau Cari Jalur Alternatif

Khusus kendaraan panitia/sulinggih yang bertugas saat itu diperbolehkan melalui jalur Pura Dalem Puri dan parkir di areal parkir Pura Batumadeg dan Pura Suci. Namun keluarnya melalui jalur Pura Batumadeg menuju Simpang Tiga Kayu Padi dan Teges. “Apabila parkir Manik Mas penuh dapat mempergunakan parkir pribadi di sepanjang Pura Dalem Puri. Sedangkan keluarnya dari Simpang Tiga Kunyit menuju Simpang Tiga Teges,” ucap mantan Kapolsek Kuta ini. (Kerta Negara/balipost))

Baca juga:  Libur Nataru, PPKM Level 3 Tak Jadi Diterapkan di Seluruh Wilayah Karena Alasan Ini
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *