apolda Bali Irjen Pol. Putu Jaya Danu Putra saat acara gebyar rekrutmen anggota Polri tahun 2023 di Lapangan Puputan Margarana, Renon, Denpasar Timur. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Polda Bali menggelar gebyar rekrutmen anggota Polri tahun 2023 di Lapangan Puputan Margarana, Renon, Denpasar Timur, Minggu (26/3). Saat kegiatan tersebut, Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra menyampaikan semua kalangan dapat mengikuti rekrutmen tersebut dan tidak ada unsur KKN.

Rekrutmen tersebut untuk persiapan pengamanan pesta demokrasi yang dilaksanakan tahun 2024. Irjen Putu Jayan, didampingi Wakapolda Brigjen Pol. I Ketut Suardana menegaskan, kegiatan tersebut tujuannya untuk menyosialisasikan ke masyarakat bahwa penerimaan anggota mengedepankan prinsip bersih, transparan, akuntabel dan humanis (Betah).

Baca juga:  Komoditi Ilegal Disita di Gilimanuk 

Selain itu, Putu Jayan mengungkapkan penerimaan personel Polri secara kuantitas diprioritaskan untuk Bintara sebagai garda terdepan dalam pelayanan kepada masyarakat. Sedangkan penerimaan perwira baik Akademi Kepolisian (Akpol) maupun SIPSS jumlahnya terbatas. “Tahun 2023 kali ini Polri kembali melaksanakan rekrutmen sebagai proses peremajaan anggota di tubuh Polri. Selain itu rekrutmen ini juga merupakan persiapan pengamanan pesta demokrasi yang dilaksanakan tahun 2024,” ujar Kapolda Putu Jayan.

Jenderal bintang dua ini juga menyebutkan bahwa rekrutmen ini juga merupakan bentuk regenerasi dan peremajaan, guna mengganti personel polri yang akan memasuki masa pensiun. Setiap tahunnya terdapat 600 personel Polda Bali yang pensiun. Oleh karena itu rekrutmen ini diharapkan dapat mengisi kekosongan atau peremajaan bagi institusi Polri khususnya Polda Bali,” sambungnya.

Baca juga:  Damkar Kabupaten Klungkung Ikut Padamkan Api

Tidak hanya itu, Kapolda asal Bangli ini mengatakan proses rekrutmen dilaksanakan dengan prinsip Betah serta bebas korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). “Semua kalangan dapat mengikuti tidak ada unsur KKN di dalamnya. Bagi adik-adik yang ingin mengikuti proses rekrutmen ini agar mempersiapkan jauh-jauh hari, baik fisik maupun akademi, pelajari referensi-referensi tes pada tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Sedangkan Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Satake Bayu mengajak seluruh peserta yang akan mengikuti rekrutmen anggota Polri agar mempersiapkan diri dalam mengikuti setiap tahapan tes. “Periksakan diri masing-masing untuk mengetahui kondisi kesehatan sebelum melaksanakan rekrutmen. Rekrutmen Polri dibiayai oleh negara, jadi untuk prosesnya sendiri para peserta tidak dipungut biaya,” tegasnya. (Kerta Negara/balipost)

Baca juga:  Siswa dan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Antusias Gunakan Hak Pilih
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *