Sejumlah warga, Jumat (17/3) melihat ogoh-ogoh yang menjadi nominasi dalam lomba yang akan diarak pada Kesanga Festival. (BP/kmb)

DENPASAR, BALIPOST.com – Gelaran parade 12 ogoh-ogoh yang masuk nominasi akan dilakukan pada Sabtu (18/3) ini. Kegiatan ini juga akan dirangkai dengan Kasanga Festival yang mulai digelar sejak Jumat (17/3).

Dalam kegiatan Kasanga Fest ini juga akan diisi dengan berbagai kegiatan, seperti parade ogoh-ogoh mini hingga pameran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Dalam menyukseskan gelaran parade Ogoh-ogoh, Dinas Perhubungan (Dishub) Denpasar akan melakukan rekayasa lalulintas di seputaran Patung Catur Muka.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Denpasar, Ketut Sriawan yang dikonfirmasi, Jumat (17/3) mengatakan pihaknya sudah merancang beberapa rekayasa lalu lintas serangkaian parade ogoh-ogoh ini. Sejumlah ruas jalan akan dilakukan penutupan pada Sabtu mulai siang hari hingga usai pawai berlangsung.

Baca juga:  Golose Ajak Pengendara Moge Jauhi Narkoba dan Taati Aturan Lantas

Pihaknya akan menerjunkan sekitar 50 orang petugas Dishub untuk melakukan rekayasa lalin. Sriawan mengatakan ruas jalan yang akan ditutup di antaranya Jalan Letda Regug, Jalan Sugianyar, Jalan Udayana, Jalan Gajah Mada (depan kantor Wali Kota), serta depan Jaya Sabha.

Jalan ini ditutup karena merupakan rute pawai ogoh-ogoh. “Kami juga akan melihat situasi, bila memungkinkan akan menerapkan sistem buka tutup pada waktu tertentu,” katanya.

Baca juga:  Sejumlah Danrem di Kodam IX/Udayana Dimutasi

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, Kasanga Fest pelaksanaannya jadi satu dengan lomba pawai ogoh-ogoh yang merupakan 12 nominasi terbaik perwakilan setiap kecamatan. Lomba tersebut dimasukan dalam rangkaian Kasanga Fest.

Event Kasanga Festival ini masyarakat Kota Denpasar dan juga masyarakat seluruh Bali dapat menyaksikan Ogoh-ogoh terbaik tahun 2023 di Kota Denpasar. Penilaian Ogoh-ogoh dalam Kasanga Festival akan menentukan tiga ogoh-ogoh terbaik serta ogoh-ogoh terfavorit yang akan ditentukan oleh masyarakat.

Di samping ogoh-ogoh dengan ukuran besar, dalam Kasanga Festival, masyarakat juga dapat menikmati karya seni Ogoh-ogoh Mini dan Sketsa Ogoh-ogoh serta pameran kuliner dari UMKM Kota Denpasar.

Baca juga:  Dua Hari, Tambahan Korban Jiwa COVID-19 di Bali Didominasi Tanpa Komorbid

Kadis Kebudayaan Denpasar, Raka Purwantara menambahkan persiapan gelaran Kasanga Festival melalui sinergitas bersama antara Pasikian Yowana, MDA Kota Denpasar. 12 Ogoh-ogoh terbaik telah ditetapkan dewan juri serta akan beratraksi di kawasan Patung Catur Muka dan Lapangan Puputan Badung.

Sementara Ketua Pasikian Yowana Kota Denpasar, A.A. Angga Harta Yana, menyampaikan selain pawai, pelaksanaan Kesanga Festival juga dimeriahkan dengan hiburan musik, pameran  UMKM, lomba Ogoh-ogoh mini, sketsa Ogoh-ogoh. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *