Suasana media briefing "Kesiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2023" di Gedung Kemenhub, Jakarta, Kamis (16/3). (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Mudik Lebaran pada 2023 ini, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mncatat ada 412 pesawat yang disiapkan. Kesiapan ini disampaikan Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Ditjen Perhubungan Udara M. Mauludin, Kamis (16/3).

Tak hanya untuk Lebaran tetapi pada masa Lebaran, baik itu pesawat yang kecil, pesawat gede, dan internasional dan domestik. Aapun rinciannya, yakni Garuda Indonesia 54 unit, Citilink 48 unit, Lion Air 86 unit, Batik Air 63 unit, Wings Air 50 unit, Super Air Jet 45 unit, Sriwijaya Air 4 unit, NAM Air dua unit, Pelita Air 5 unit, IAA 21 unit, Transnusa 4 unit, Susi Air 25 unit, dan Trigana Air 5 unit.

Baca juga:  Dimusnahkan, Kokain Senilai Triliunan Rupiah

“Jadi, ada 412 jumlah pesawat, operator penerbangan yang mengangkut penumpang di Indonesia pada masa Lebaran,” ujar Mauludin dikutip dari Kantor Berita Antara.

Adapun dari 412 unit pesawat yang siap tersebut, terdapat 112 unit pesawat yang masih dalam maintenance. “Jadi, contohnya Garuda (Indonesia), pesawatnya ada 71, yang available 54, 17 masih maintenance. Kemudian Lion itu ada 110 yang sudah available 86, (maintenance 24),” kata dia.

Baca juga:  Bandara Ngurah Rai Tercatat Melayani Penumpang dan Pesawat Udara Terbanyak

Namun, ia menyatakan tidak menutup kemungkinan jumlah 412 unit pesawat tersebut bisa bertambah jika maskapai dapat menyelesaikan maintenance tersebut. Target yang pasti available yang pasti bisa dilaksanakan untuk melakukan transportasi di Lebaran sebesar 412 tetapi tidak menutup kemungkinan ini bisa bertambah.

Penambahan tersebut apabila sedang maintenance maupun kalau dari sini nanti mereka masih bisa menyelesaikan beberapa maintenance untuk bisa dinaikkan kemungkinannya masih ada. “Tetapi kan kami cari yang optimis. Kalau optimis itu di angka 412,” kata Mauludin.

Baca juga:  Sehari Jelang Idulfitri, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Melandai

Adapun, jumlah penumpang juga diprediksi mengalami lonjakan pada masa Lebaran 2023, dengan dengan perkiraan mencapai 4.479.688 penumpang baik internasional dan domestik. Sementara pada masa Lebaran 2022, jumlah penumpang sebesar 3.097.628 juta penumpang baik internasional dan domestik.

“Jadi, kenaikan lumayan hampir 1 juta,” ucap Mauludin. (kmb/balipost)

BAGIKAN