I Wayan Adi Arnawa. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Badung sepakat pelaksanaan sholat tarawih yang berbarengan dengan perayaan Hari Raya Nyepi Caka 1945 tetap berjalan seperti biasa. Hanya saja, pelaksanaan sholat tarawih saat bulan puasa dilaksanakan tanpa mengganggu umat Hindu yang melaksanakan Catur Brata Penyepian.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Badung I Wayan Adi Arnawa mengatakan, pelaksanaan sholat tarawih bagi umat muslim memang diizinkan pada saat Hari Raya Nyepi. Hanya saja, dalam pelaksanaannya harus menggunakan masjid terdekat.
“Sudah disepakati (sholat tarawih diizinkan -red) asalkan teman-teman umat muslim yang melaksanakan kegiatan tarawih melaksanakan pada masjid yang terdekat dan tidak boleh menggunakan kendaraan,” ujar Adi Arnawa, Kamis (16/3).

Baca juga:  Pansus Kumpulkan Data Tanah HPL Gilimanuk

Menurutnya, umat muslim agar berjalan kaki saat ingin melaksanakan tarawih. Hal ini dilakukan agar menjaga dan menghormati umat Hindu yang merayakan Hari Raya Nyepi. “Dari hasil pertemuan dengan FKUB kabupaten Badung, kita sudah sosialisasikan kepada umat agama lainnya,” ungkapnya.

Terkait penerangan di area masjid, Adi Arnawa menerangkan memang belum ada pembahasan. Tetapi masih diizinkan untuk melakukan tarawih.

Namun, pihaknya meyakini masyarakat yang melaksanakan tarawih akan menyesuaikan, sehingga tidak mengganggu umat Hindu yang melaksanakan Catur Brata Penyepian. “Mungkin nanti akan menyesuaikan di lapangan. Saya kira tarawih apakah mungkin dimajukan atau bagaimana, yang jelas seruannya adalah diizinkan tarawih di masjid terdekat dan tanpa menggunakan kendaraan,” terangnya.

Baca juga:  Korban Jiwa COVID-19 Masih Terus Dilaporkan Bali, Hasil Penelusuran Ada 3 Penyebabnya

Sebelumnya, Sekda Adi Arnawa mengatakan, FKUB bersama Forkompinda dan Kementerian Agama Badung melaksanakan rapat berkaitan pelaksanaan Hari Raya Nyepi di Kabupaten Badung. “Saya selaku Ketua FKUB mengajak perangkat teknis agar benar-benar melaksanakan surat edaran seruan yang sedang disusun,” ucapnya. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *