Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., memimpin acara serah terima jabatan (sertijab) di Aula Makodam, Jalan Udayana No. 1, Denpasar, Rabu (1/3). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kodam IX/Udayana mengemban tugas pokok mengamankan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah NKRI, khususnya di wilayah Bali Nusra dari berbagai bentuk ancaman serta gangguan yang datang dari dalam maupun luar negeri. Untuk itu, setiap prajurit Kodam IX/Udayana harus mampu berperan serta menjaga situasi wilayah Bali dan Nusa Tenggara agar tetap kondusif. Hal ini disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., saat memimpin acara serah terima jabatan (sertijab) di Aula Makodam, Jalan Udayana No. 1, Denpasar, Rabu (1/3).

Jabatan yang diserahterimakan yakni, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana dari Brigjen TNI Hardian Achmadi, S.E., M.Tr.(Han)., kepada Brigjen TNI Pranito Dwinarwan, S.I.P., Danrindam IX/Udayana dari Kolonel Inf Togu Parmonangan, S.I.P., M.M., kepada Kolonel Inf Wirawan Eko Prasetyo, S.E., dan jabatan Katopdam IX/Udayana dari Kolonel Ctp Arief Mushoffak, S.T., kepada Kolonel Ctp I Komang Budi Arhantika.

Baca juga:  Banyak Anggota Kodam Sembuh Setelah Diisolasi Terpusat

Selain itu, diserahterimakan jabatan Kasrem 162/WB dari Kolonel Inf. Lalu Habibburahhim Wiradarma, S.I.P., M.Si., kepada Kolonel Inf. Susanto Lastua Manurung, S.I.P., Kasiintel Kasrem 161/WS dari Kolonel Kav Fadjar Wahyudi Broto kepada Kolonel Inf. Sentot Dwi Purnomo, Kasiops Kasrem 161/WS dari Kolonel Inf Horas Sitinjak, S.I.P., kepada Kolonel Inf. Herwin Rizayan Iszal, S.I.P., M.Si., Kasipers Kasrem 162/WB dari Kolonel Caj Rudi Priyanto, S.E., M.M., kepada Kolonel Inf. Arif Munawar, S.E., M.M., Kasilog Kasrem 161/WS dari Kolonel Cpl Budi Utomo, S.E., M.Si., kepada Kolonel Inf. Suparman, S.Sos., M.Si., serta Dandim 1604/Kupang dari Kolonel Inf. Muhammad Iqbal Lubis kepada Letkol Inf. Wiwit Jalu Wibowo.

Baca juga:  Ini, Jumlah Personel Pengamanan Pangerupukan Seluruh Bali

Dalam amanatnya, Pangdam Sonny menyampaikan, pergantian penjabat di lingkungan TNI merupakan bagian dari mekanisme pembinaan organisasi dan personel sekaligus proses regenerasi kepemimpinan. Dengan demikian, dapat mendorong semangat pembaharuan dan pola pikir dalam rangka penyegaran, peningkatan kinerja organisasi serta upaya pengembangan karier guna memperoleh pengalaman tugas dan wawasan yang lebih luas. “Kerja sama dan koordinasi yang baik antarstaf serta masukan-masukan yang konstruktif sangat diperlukan guna menentukan kebijakan pimpinan agar tugas dapat terlaksana dengan optimal,” tegasnya.

Oleh karena itu, kepada para pejabat baru, ia meminta agar segera mempelajari tugas pokok dan menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja. “Berikan warna positif yang mampu memotivasi peningkatan profesionalisme berbasis kinerja di staf masing-masing,” ujarnya.

Baca juga:  Distribusikan Logistik WWF, Kodam Udayana Kerahkan Boat

Kepada pejabat lama beserta istri, Mayjen Sonny mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya di Kodam IX/Udayana selama ini. Jadikan pengalaman yang telah didapat sebagai bekal untuk terus berkarya dan berkreasi dalam pengabdian di tempat tugas yang baru. “Beberapa penekanan yang saya sampaikan agar dipahami, dipedomani dan dilaksanakan, sehingga tugas dan tanggung jawab Kodam IX/Udayana dalam menegakkan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah darat Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya wilayah Bali Nusra dapat terlaksana dengan baik,” tutupnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN