Jajaran Airasia Super App saat melakukan kunjungan ke Kantor Bali Post, Denpasar, Rabu (1/3). (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kendaraan dengan logo AirAsia Ride kini banyak terlihat di jalanan Denpasar dan Badung. Ride-hailing milik airasia yang bisa dipesan lewat airasia Super App itu ternyata cuma ada di Bali.

Menurut Head of Marketing airasia Super App Indonesia Boni Andika, Rabu (1/3), pihaknya kini tak hanya menawarkan pemesanan tiket pesawat airasia. Beragam keperluan pengguna aplikasi saat melakukan perjalanan disediakan. Misalnya pemesanan hotel, makanan, hingga ride hailing.

Khusus untuk layanan AirAsia Ride itu, diakuinya memang baru ada di Provinsi Bali. Pulau Dewata jadi lokasi pertama peluncuran AirAsia Ride di Indonesia ini, disebutnya, dengan berbagai pertimbangan.

“Ride hailing kami mulai di Bali. Jadi di Jakarta belum ada airasia ride ini. Sebab, Bali ini merupakan core (inti) pariwisata Indonesia. Jadi kami mulainya dari Bali,” ungkap Boni mengutarakan alasan dipilihnya Bali saat berkunjung ke Kantor Bali Post di Denpasar, Rabu (1/3).

Baca juga:  Guru, Kepala Sekolah dan UPT Sembahyang Doakan Sekolah Tidak Roboh¬†

Selain itu, Bali dipilih karena ingin membantu pemerintah memulihkan pariwisata yang terpuruk akibat pandemi COVID-19. Dengan kehadiran airasia ride, diharapkan wisatawan bisa nyaman saat berlibur di Bali.

Ia mengatakan wisatawan, khususnya dari Malayasia, sudah mengetahui tentang airasia ride ini karena lebih dulu diluncurkan di sana pada 2021. Jadi, ketika mereka berwisata ke Bali, wisatawan Malaysia bisa menggunakan airasia ride dan memesan kendaraan 3 hari hingga 2 jam sebelum keberangkatan.

Ditambahkan Head of Delivery airasia Super App, Arbi Wienandar didampingi Head of airasia ride Indonesia, Ivan Ramdani untuk meningkatkan layanan, pihaknya menjalin kerja sama dengan sejumlah mal di Bali. Bahkan, sedang dijajaki peluang kerja sama dengan universitas dan tempat umum, seperti pasar dan RS, untuk menyediakan pick up point airasia ride ini. “Untuk di Bali, kami sudah bekerja sama dengan 6 mal dalam penyediaan pick up point,” jelas Arbi.

Baca juga:  Pantai Lovina dan Lumba-lumba

Meski baru diluncurkan pada November 2022, dikatakan Ivan, airasia ride ini sudah memiliki ribuan driver. Sama dengan ride hailing yang sudah lebih dulu beroperasi, airasia ride ini juga menjangkau seluruh Bali. “Namun pangsa pasar yang besar ada di Denpasar dan Badung,” sebutnya.

Walau pangsa pasar yang disasar adalah wisatawan yang berlibur di Bali, ia mengakui warga lokal juga banyak yang memesan airasia ride. Sehingga ke depan, pihaknya akan banyak menawarkan beragam promosi yang bisa dimanfaatkan warga lokal.

Baca juga:  Artis Pramusti Bali Peduli Masyarakat Terdampak Covid-19

Tak cuma airasia ride, travel super app airasia juga menyediakan pemesanan hotel. Head of Travel Indonesia, Hendry Prianto mengatakan saat ini sudah ada kerja sama dengan 700 ribu hotel di seluruh dunia.

Selain travel dan ride, super app ini juga disebut Boni menyediakan layanan pemesanan makanan. Airasia Food untuk sementara beroperasi di 3 kota, yakni Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Guna memberikan nilai tambah bagi pengguna aplikasi, pihaknya juga menghadirkan SUPER+ yang merupakan paket berlangganan, dengan dua tipe yaitu basic maupun premium. Salah satu manfaat membeli paket ini adalah menikmati penerbangan gratis selama setahun dengan syarat dan kondisi yang berlaku. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN