Bangkai lumba-lumba ditemukan terdampar di Pantai Double Six, Seminyak, Kuta, Rabu (15/2). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bangkai lumba-lumba ditemukan terdampar di Pantai Double Six, Seminyak, Kuta, Rabu (15/2). Dari video yang beredar di sosial media, diperkirakan lumba-lumba ini jenis hidung botol.

Menurut Kepala Balai Pengelola Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Permana Yudiarso, ST. MT., dari identifikasi visual, lumba-lumba ini merupakan jenis hidung botol (tursiops truncatus). Kalau dilihat dari sisi ukuran, memang kata dia tidak terlalu besar atau masih anakan. Sata ini pihaknya sedang melakukan cross check ke lokasi.

Baca juga:  Tokoh Pariwisata IB. Lolec Berpulang

“Dari identifikasi visual, untuk jenis diperkirakan jenis hidung botol. Kami coba cek dulu seperti apa. Untuk ukuran masih belum besar masih anakan,” katanya, saat dikonfirmasi.

Terkait penyebab terdamparnya lumba-lumba ini, pihaknya masih belum mendapat laporan pasti. Namun kata dia ada beberapa faktor penyebab, salah satunya faktor dominan yang diduga adalah karena faktor cuaca. Namun bila ada faktor lain melaka faktor kesehatan maou faktor lain, hal itu perlu dilakukan pengecekan.

Baca juga:  Dari Awal 2023 Masuki Masa Resesi hingga Kebakaran Pasar Mengwi

Namun, dari kondisi fisik, ditemukan ada luka di sisi kanan perut. Pihaknya menduga luka ini akibat bekas digigit ikan predator (hiu cookie cutter). “Untuk mengetahui penyebab ada banyak faktor, yang sekarnag faktor domina yang kami duga ialah faktor cuaca. Namun juga dugaan kematian akibat luka gigitan hiu cookie cutter,” ucapnya.

Saat ini, tim dari BPSPL sedang meluncur ke lokasi untuk mengidentifikasi. (Yudi Karnaedi/balipost)

Baca juga:  Gempa Sebabkan Kerusakan di Gianyar
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *