Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tidak semua orang bekerja di kantoran atau bekerja dengan orang lain, beberapa dari mungkin mulai membuka usaha. Membuka usaha bukan perkara yang mudah dan tidak terjadi secara instan. Kamu perlu memikirkannya dengan matang dan waktu untuk memulainya.

Jika kamu ingin mulai membuka usaha, berikut beberapa tips yang dapat kamu ikuti agar kamu bisa memulai usaha dengan lancar.

1. Tentukan Jenis Usaha

Ada beberapa jenis usaha yang bisa kamu pilih dan ada banyak usaha yang cenderung mudah dijalankan. Namun, daripada memilih jenis usaha yang paling mudah untuk dilakukan, lebih baik kamu memilih usaha yang sesuai dengan minatmu. Saat kamu menjalankan sesuatu yang sesuai dengan minatmu, kamu akan menjalaninya dengan bahagia dan beban yang kamu pikul tidak akan terasa berat. Untuk menentukannya, kamu bisa melihat dari hobimu atau keseharianmu.

Baca juga:  Karena Ini, Dari 629 Pedagang di Pasar Umum Blahbatuh Hanya 605 Kebagian Stimulus

2. Siapkan Modal

Hal yang paling penting ketika membangun sebuah usaha adalah menyiapkan modal. Siapkan modal yang sesuai dengan jenis usaha yang kamu pilih. Selain modal, kamu juga harus menyiapkan dana darurat untuk berjaga-jaga jika usahamu tidak berjalan lancar, atau sebaliknya malah berjalan dengan lancar.

3. Cari Supplier yang Murah dan Bagus

Setelah kamu menyiapkan modal yang cukup, kamu harus mencari supplier yang menjual barangnya dengan harga murah, tapi dengan kualitas yang bagus. Supplier merupakan pihak yang memasok bahan baku atau menyuplai bahan mentah kepada para produsen. Jangan hanya tergiur saat melihat supplier yang menjual dengan harga murah, kamu juga harus memastikan bahwa barang yang dijual memiliki kualitas yang bagus agar pembeli tidak kecewa.

Baca juga:  Delapan Hari Dilanda Semburan Belerang, Puluhan Ton Ikan di Danau Batur Mati

4. Promosikan

Jika kamu sudah membuka usahamu, jangan lupa untuk melakukan promosi. Promosi dilakukan untuk menggaet pembeli agar mereka membeli barang atau jasa yang kamu jual. Saat ini, promosi semakin mudah dilakukan. Kamu tidak perlu menyebarkan brosus ke jalanan, cukup dengan menggunakan media sosial. Jangan lupa untuk memakai tanda hastag atau tagar saat promosi agar lebih banyak orang yang mengetahui usahamu.

Baca juga:  10 Tahun #MakeanImpact, BPR Lestari Luncurkan Beasiswa Gen-L Indonesia

5. Jangan Mudah Menyerah

Suatu usaha yang baru dimulai tidak bisa berhasil secara instan atau sukses begitu saja. Bahkan, usaha yang sudah dibangun sejak lama pun akan mengalami pasang surut. Maka dari itu, jangan mudah menyerah ketika usahamu masih sepi.

Jadikan itu sebagai evaluasi, mungkin kamu masih kurang promosi atau karena faktor lainnya. Jangan jadikan itu sebagai alasanmu untuk menyerah dan berhenti mencoba.

Kunci dari memulai usaha adalah optimis dan jangan pesimis. Kamu harus optimis bahwa kamu bisa memulainya dan kamu bisa berhasil. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *