Cuplikan film "The Post." (BP/Dokumen IMDb)

DENPASAR, BALIPOST.com – Hari Pers Nasional diselenggarakan pada tanggal 9 Februari, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia yang didasari pada Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985. Pers selalu mengalami dinamika dari masa ke masa. Selain itu, pekerjaannya juga dipenuhi berbagai tantangan, terutama untuk mengungkap suatu fakta.

Meski merupakan salah satu pekerjaan yang paling berisiko, masih sedikit industri film yang mengangkat cerita tentang pers. Berikut lima film bertema pers yang bisa kamu saksikan di Hari Pers Nasional :

1. Kill The Messenger

Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata seorang jurnalis bernama Garry Webb. Dia menginvestigasi kasus penyaluran kokain yang melibatkan CIA melalui lingkungan orang kulit hitam. Ia percaya bahwa uang hasil penjualan tersebut digunakan untuk mendanai kelompok Contras, yaitu kelompok pemberontak di Nikaragua.

Baca juga:  Penggemar Produk Korea? Gojek Hadirkan K-Fest Buatmu

Film ini menampilkan Anna Simons yang diperankan oleh Mary Elizabeth Winstead, yang memiliki peran kunci dalam menghentikan rencana CIA untuk menyalurkan kokain tersebut. Drama ini juga dibintangi oleh Jeremy Renner, Rosemarie DeWitt, Ray Liotta, dan Barry Pepper.

2. The Post

Mengambil latar belakang di Vietnam tahun 1966, film ini mengisahkan tentang analis militer Departemen Luar Negeri, Daniel Ellsberg, yang menyalin dokumen rahasia perang Vietnam ke dalam berkas yang disebut Pentagon Papers. Daniel kemudian mengirimkannya ke surat kabar The New York Times.

Film ini merupakan film biografi Amerika Serikat yang diangkat dari peristiwa nyata publikasi dokumen rahasia negara atau yang dikenal dengan Pentagin Papers. The Post menampilkan acting dari Meryl Streep, Tom Hanks, Sarah Paulson, dan Bob Odenkirk.

Baca juga:  Presiden Jokowi Tiba di Lokasi Perayaan HPN 2020

3. A Taxi Driver

Film ini mengisahkan tentang seorang supir taksi yang membantu seorang wartawan asal Jerman yang sedang meliput pemberontakan di daerah Gwangju, Korea Selatan. Berlatar belakang tahun 1980-an, film ini mengisahkan perjuangan mereka untuk mendokumentasikan peristiwa Gwangju dan pertemuan dengan beberapa demonstran.

A Taxi Driver merupakan kisah nyata seorang reporter asal Jerman bernama Jurgen Hinzpeter dansupir taksi asal Korea Selatan bernama Kim Sa Bok. Film ini dibintangi oleh Song Kang Ho dan Thomas Kretschmann.

4. All The President’s Men

Bob Woodward merupakan wartawan Washington Post yang ingin mengangkat kasus pencurian Watergate yang melibatkan orang dalam atau mantan petinggi-petinggi Presiden Richard Nixon. Dalam film ini, Bob berusaha untuk terus mencari bukti terkait kasus tersebut hingga ia berhasil mengungkap fakta yang sebenarnya.

Baca juga:  Jakarta Jadi Tuan Rumah HPN 2021

Film ini merupakan film lawas pada tahun 1976 yang diangkat dari novel dengan judul yang sama. All The President’s Men dibintangi oleh Robert Redford dan Dustin Hoffman.

5. Spotlight

Spotlight merupakan film drama biografi kriminal Amerika Serikat pada tahun 2015. Naskah film ini didasarkan pada kasus pelecehan seksual terhadap anak yang dilakukan oleh beberapa pastur gereja Katolik Roma di Boston. Kasus tersebut diungkap oleh tim jurnalis investigasi Spotlight dari kantor berita The Boston Globe.

Film ini ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tahun 3 September 2015 dan dirilis di Amerika Serikat secara terbatas pada 6 November 2015 dan dirilis secara luas pada 20 November 2015. Film ini dibintangi oleh Mark Ruffalo, Michael Keaton, Rachel McAdams, dan masih banyak lagi. (kmb/balipost)

BAGIKAN