Dengar Musik
Ilustrasi. (BP/istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kita mengenal tiga jenis kepribadian yang ada pada masing-masing orang, yaitu introvert, ekstrovert, dan ambivert. Seorang ektrovert biasanya memiliki kepribadian yang mudah bergaul dengan orang baru dan suka berinteraksi dengan orang lain.

Ada beberapa pekerjaan yang cocok untuk kepribadian ekstrovert. Yuk simak apa saja :

1. Humas

Humas atau hubungan masyarakat merupakan orang yang bertanggung jawab dalam menyusun rencana komunikasi khusus dengan berbagai media untuk membangun citra perusahaan. Profesi ini dibutuhkan untuk mempertahankan reputasi yang baik di mata publik. Sesuai namanya, humas banyak berhubungan dengan pihak-pihak eksternal, terutama dengan media dan masyarakat.

Profesi ini sangat cocok untuk para ekstrovert yang mudah bergaul dengan orang lain karena posisi humas membutuhkan seseorang yang dapat berkomunikasi dengan baik dan dapat menjalin hubungan yang baik dengan orang lain. Selain itu, pribadi ekstrovert yang memiliki energi ketika berhadapan dengan orang banyak juga sangat menguntungkan.

Baca juga:  Karier 2019, Ini Kata Zodiakmu

2. Customer Service

Customer service merupakan pelayanan setiap kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang kepada kliennya dalam menyelesaikan masalah dengan memuaskan. Profesi ini biasanya bertugas membantu atau melayani orang lain saat mengalami kesulitan.

Customer service membutuhkan kesabaran yang tinggi karena terkadang beberapa pelanggan bisa berlaku seenaknya. Selain itu, dibutuhkan seseorang yang cepat memahami orang lain dan mudah berinteraksi dengan pelanggan.

Baca juga:  Punya Banyak Teman, Berikut Ciri-Ciri Ekstrovert

3. Event Organizer

Event organizer (EO) merupakan penyedia jasa profesional dalam penyelenggara berbagai acara formal maupun non-formal. EO bertugas untuk membuat rangkaian acara menjadi lebih baik dan lancar. Pekerjaan ini membutuhkan kerja sama tim yang kuat agar sebuah acara berjalan dengan lancar.

Ektrovert identik dengan seorang pemikir, sehingga kamu sangat cocok di bidang ini. Selain itu, rasa bersosialisasimu yang tinggi juga dapat menumbuhkan kerja sama tim yang baik.

4. Pembawa Acara

Pembawa acara (PA) merupakan sebutan bagi orang yang memandu atau membawakan sebuah acara, baik itu suatu perayaan, peringatan, pertemuan, maupun lomba. Pembawa acara identik dengan sebutan MC. Pekerjaan ini memiliki beberapa jenis, mulai dari host, presenter, moderator, penyiar, hingga announcer.

Baca juga:  Pulang, Pengungsi Bingung Cari Pekerjaan

Seorang PA harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi karena harus berdiri di hadapan orang banyak, bahkan di hadapan kamera. Profesi ini sangat cocok untuk para ekstrovert karena memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

5. Human Resources

Profesi ini bertugas untuk merekrut karyawan, mengadakan pelatihan, hingga membantu karyawan menyelesaikan masalah di kantor. Seorang HR biasanya adalah orang-orang yang berorientasi pada manusia (people person), memiliki keterampilan manajemen yang kuat, dan keterampilan sosial yang berkembang dengan baik.

Pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki kepribadian ektrovert yang menghargai struktur dan ketertiban dalam kehidupan profesional. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *