SPBU Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida saat terbakar, Kamis (9/2) pagi. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Kebakaran pada SPBU di Ceningan, Nusa Penida, Kamis (9/2) diselidiki pihak kepolisian. Berdasarkan keterangan saksi-saksi di TKP, ternyata sumber api yang memicu kebakaran, muncul dari mesin sepeda motor salah satu pembeli BBM.

Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta, mengatakan pihaknya sudah mendengar laporan langsung dari Kapolsek Nusa Penida. Sebagaimana hasil keterangan saksi-saksi di TKP, sumber api berasal dari pengendara sepeda motor yang awalnya membeli bbm dengan jeriken. Saat kendaraan mau keluar dari SPBU, tiba-tiba sepeda motornya mengeluarkan percikan api.

Baca juga:  Diawali Suara Ledakan, SPBU Ceningan Terbakar

Dia dan petugas SPBU setempat kemudian panik, meninggalkan kendaraannya. Celakanya BBM di dalam jeriken tumpah dan menyambar percikan api dari sepeda motor. Sehingga apinya begitu cepat membesar, hingga merembet meluas ke areal SPBU. Kepulan asap tebal pun terus muncul dari kebakaran itu, yang membuat warga sekitar kaget.

“Api sudah bisa dipadamkan. Sekarang pihak kepolisian sedang melanjutkan proses olah TKP,” kata kapolres, saat ditemui di Mapolres Klungkung.

Disinggung mengenai pembelian BBM dengan menggunakan jeriken ini juga selanjutnya akan didalami pihak kepolisian, karena sesuai ketentuan aturan, sesungguhnya sudah diperbolehkan. “Kami akan cek dulu, apakah pembeli yang menggunakan jeriken ini, untuk kepentingan industri, nelayan atau petani. Kami masih akan telusuri lebih lanjut,” tegasnya.

Baca juga:  Tak Fokus dengan Identitasnya, Pengembangan Nusa Penida Berlangsung Liar

Sebelumnya, kebakaran terjadi pada SPBU di Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kamis (9/2) pagi. Asal tebal dan ledakan di TKP menyita perhatian masyarakat.

Peristiwa itu mengagetkan warga sekitar. Mereka ramai-ramai merekamnya dengan HP. Dari rekaman video warga, asap tebal terus mengepul tinggi dari sekitar TKP. Warga sekitar hanya mengamatinya dari jauh. Namun, kepulan asap tebal sudah terlihat jelas.

Baca juga:  Diduga Korupsi, Bendahara BUMDes Besan Ditahan

Keberadaan SPBU Ceningan selama ini sangat penting bagi masyarakat di wilayah kepulauan ini. Mengingat itu merupakan satu-satunya SPBU yang menyuplai bahan bakar untuk warga di Desa Lembongan dan Desa Jungutbatu. Belum diketahui apa langkah yang dilakukan pihak terkait untuk mengantisipasi ketersediaan bahan bakar bagi warga di daerah kawasan pariwisata ini. (bagiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *