Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Open minded merupakan sikap yang mengacu pada keterbukaan pikiran dengan beragam ide, argument, hingga informasi baru dari orang lain. Di era informasi yang serba cepat ini, kamu perlu menjadi seseorang yang open minded agar dapat menerima dan memilih arus globalisasi.

Berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi open minded :

1. Banyak Membaca

Seperti pribahasa, membaca adalah gudang ilmu. Membaca bukan hanya menambah pengetahuan, tapi kamu juga akan memahami bagaimana penulis berpikir untuk membuat tulisan tersebut. Bukan hanya sekadar membaca buku ilmu pengetahuan, kamu juga bisa membaca novel, komik, hingga koran. Semakin banyak kamu membaca, kamu akan mengetahui bagaimana dunia luar bekerja.

Baca juga:  WN Rusia Ditemukan Meninggal di Vila

2. Menonton Berbagai Tayangan

Menonton berbagai tayangan artinya menonton beragam genre, dan apabila memungkinkan, kamu juga bisa menonton tayangan dari berbagai negara. Setiap tayangan dari negara yang berbeda akan menampilkan gaya hidup yang berbeda. Kamu bisa mengetahui bagaimana kehidupan di dunia luar dari tayangan yang kamu tonton. Kamu juga bisa memahami situasi dan kondisi suatu tempat dari tayangan tersebut.

3. Perluas Relasi

Baca juga:  Dari Kapolres Badung Coret Foto Anggotanya hingga Sejumlah Desa Adat di Jembrana Putuskan Tak Buat Ogoh-ogoh

Memiliki relasi yang luas, sering bersosialisasi, dan berinteraksi dengan orang lain akan membuatmu mengetahui bagaimana jalan pikiran orang lain. Ketika berinteraksi dengan orang lain, mau tidak mau kamu harus memahami apa yang mereka pikirkan. Dari sini kamu akan paham bahwa setiap orang memiliki jalan pikir yang berbeda-beda dan setiap orang tidak selalu memiliki pemikiran yang sama terhadap suatu masalah.

4. Ikut Komunitas atau Diskusi

Suatu komunitas atau organisasi biasanya melakukan diskusi yang diikuti oleh anggota komunitas atau organisasi tersebut. Dalam diskusi itu kamu bisa mengamati satu per satu pendapat setiap orang dan turut mengutarakan pendapatmu. Dalam sebuah diskusi, setiap orang tentu memiliki pola pikir dan pendapat yang berbeda-beda. Dari sini kamu akan menemukan berbagai sudut pandang terhadap satu masalah.

Baca juga:  Banjir di Seminyak Capai Ketinggian 1,5 Meter, Puluhan Wisatawan Dievakuasi

5. Belajar Memahami Orang Lain

Saat kamu berinteraksi dengan orang lain dan menemukan perilaku atau pendapat yang tidak sesuai denganmu, cobalah pahami dia. Jangan langsung menghakiminya. Setiap perilaku dan ucapan seseorang pasti memiliki makna di dalamnya. Kamu tidak boleh terlalu memaksakan kehendakmu dengan menghakimi orang lain. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *