Suasana perayaan HUT ke-1 Yayasan dan Pesraman Dresta Bali Aga Kerthi, Kamis (2/2). (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Perayaan HUT ke-1, Yayasan dan Pesraman Bali Aga Kerthi, Kamis (2/2) sekaligus juga diisi pengukuhan Prajuru anyar Periode 2023-2028. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penganugerahan penghargaan Maha Vidya Raja Kertha dan penyerahan tongkat komando kepada Ida Dalem Semara Putra.

Kegiatan ini digelar bertempat di Warung Uma Abian Pagutan Batubulan Gianyar. Yayasan dan Pesraman Bali Aga Kerthi merupakan organisasi sosial yang bergerak di bidang pelayanan dan pendidikan untuk Umat Hindu Nusantara.

Baca juga:  Hampir 200 Hari Belum Turun Hujan, 4 Kabupaten Ini Kekeringan

Adapun kegiatan pelatihan yang diadakan di Yayasan dan Pesraman Dresta Bali Aga Kerthi yaitu kepemangkuan, serati banten, pelatihan topeng wali, dan pelatihan wayang wali serta yoga Iswara meditasi.
Ketua Yayasan dan Pesraman Bali Aga Kerthi Ida Bagus Ketut Suarjata mengatakan pendidikan Pesraman Dresta Bali Aga Kerthi menekankan pola hidup sederhana bijaksana, dengan pola pikir yang cerdas.

Direktur Pendidikan Hindu Ditjen Bimas Hindu, I Gusti Made Suarnatha menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap terbentuknya Yayasan dan Pesraman Bali Aga Kerthi yang merupakan sebuah lembaga sosial kemasyarakatan. Sebab, yayasan ini mengambil peran baik secara dharma agama maupun dharma negara.

Baca juga:  PKK Bali Terus Sosialisasikan 3 M dan Sukseskan Program Vaksinasi Covid-19

Suarnatha menambahkan yayasan ini memiliki peran yang sangat penting di dalam mentransformasikan dalam rangka menjaga melestarikan nilai-nilai adat dresta Bali, budaya Bali dan agama Hindu sesuai dengan desa dresta dan dresta mawacara di Bali.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Bidang Urusan Agama Hindu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, Drs. I Wayan Santa Adnyana.

Penganugerahan penghargaan Mahavidya Rajaherta dan penyerahan tongkat komando kepada Ida Dalem Semara Putra dan penyerahan piagam penghargaan kepada pejabat pusat dan daerah, Penasehat Yayasan Bali Aga Kerthi, tutor atau pengajar Yayasan dan Pesraman Bali Aga Kerthi dan sponsorship kegiatan Yayasan Bali Aga Kerthi. (Wirnaya/balipost

Baca juga:  Polsek Ubud Amankan 3 Pencuri Outdoor AC
BAGIKAN