Suasana Perpustakaan. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Buku bajakan kini banyak beredar di pasaran, dan mungkin akan membuat pembeli tergiur. Pasalnya, isi buku bajakan tidak jauh beda dengan aslinya dan menawarkan harga yang lebih murah.

Sebanding dengan harganya, kualitas yang ditawarkan pun sangat buruk, mulai dari kualitas kertasnya hingga hasil cetakannya. Supaya kamu terhindar dari buku bajakan, berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan :

  1. Meminjam Buku di Perpustakaan

Setiap daerah memiliki perpustakaan daerah masing-masing yang tentunya menyediakan banyak pilihan buku. Bahkan, beberapa perpustakaan ada yang menyediakan buku-buku terbaru dan buku-buku dari penulis ternama. Selain perpustakaan daerah, kamu juga bisa ke perpustakaan sekolah atau perpustakaan umum lainnya.

Baca juga:  Gempa Keras Guncang Bali, Hampir Seluruh Wilayah Rasakan Getaran

2. Baca Buku Digital

Saat ini ada banyak aplikasi yang menyediakan e-book atau buku digital, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Penyedia buku digital gratis yang dapat kamu temukan di App Store maupun Play Store yaitu EPerpusdikbud dan iPusnas. Kamu juga bisa membeli buku melalui aplikasi berbayar seperti Gramedia Digital. Buku-buku yang disediakan oleh aplikasi tersebut sudah terjamin asli dan bukan bajakan.

3. Membeli Buku Preloved

Jika kamu ingin memiliki buku fisik dengan anggaran yang terbatas, kamu bisa membeli buku preloved atau buku bekas. Buku jenis ini dapat kamu temukan dengan mudah di pasar loak. Kamu bisa menemukannya di media sosial seperti Twitter atau Instagram, dan di aplikasi e-commerce seperti Tokopedia atau Shopee.

Baca juga:  Terlanjur Janji, Dewan Kembali Ngotot Hibah Bansos Dicairkan

4. Membeli Buku Saat Diskon

Biasanya pada event tertentu akan ada diskon besar-besaran yang tawarkan oleh toko buku, seperti saat ulang tahun toko buku atau tanggal-tanggal cantik. Kamu bisa mengumpulkan uang terlebih dahulu dan membeli buku yang kamu inginkan saat ada diskon.

5. Membeli Buku di E-Commerce

Harga jual buku di e-commerce biasanya lebih murah daripada harga buku di toko buku offline. Namun, kamu perlu berhati-hati karena bisa saja buku yang dijual adalah buku bajakan. Untuk terhindar dari penipuan buku bajakan, kamu bisa memperhatikan kotak deskripsi produk, ulasan yang diberikan pembeli, dan harus berhati-hati ketika harga jualnya sangat rendah dibandingkan harga aslinya.

Baca juga:  Percepat Penanganan Bencana Kegempaan, Akses Perbantuan dari Negara Lain Dipermudah

Saat kamu membeli buku bajakan artinya kamu tidak menghargai jerih payah penulis dan penerbit dalam menghasilkan buku tersebut. Maka dari itu, hindari buku bajakan mulai dari sekarang. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *