Susu kedelai. (BP/Istimewa)

DENPASAR,BALIPOST.com – Susu kedelai merupakan alternatif pilihan bagi beberapa orang yang tidak mengonsumsi susu sapi. Susu ini terbuat dari kacang kedelai atau tepung kedelai, sehingga sangat mudah ditemukan di pasaran.

Selain sebagai alternatif pengganti, susu kedelai juga memiliki beberapa kandungan yang baik untuk tubuh. Berikut manfaat mengonsumsi susu kedelai yang dilansir dari Live Strong.

  1. Kaya Protein

Susu kedelai memiliki banyak kandungan protein yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Tidak seperti kebanyakan protein nabati, kedelai memiliki sembilan asam amino esensial. Tubuhmu akan merakit asam amino ini menjadi protein baru, termasuk antibodi yang penting untuk sistem kekebalan tubuh, protein struktural yang menyatukan jaringan tubuh, dan enzim yang membantu sel agar dapat menghasilkan energi.

Baca juga:  Ini, Manfaat Susu Kedelai

2. Menekan Risiko Kanker Payudara

Mengonsumsi kedelai sering dikaitkan dengan meningkatnya risiko kanker payudara. Namun, hal ini tidak benar. Mengonsumsi susu kedelai tidak terkait dengan peningkatan risiko kanker payudara, sebaliknya dapat membantu melindungi.

3. Tidak Menyebabkan Ketidakseimbangan Hormon

Kandungan fitoestrogen dalam susu kedelai melakukan fungsi dalam tubuh manusia yang mirip dengan hormon estrogen. Laki-laki mungkin menghindari konsumsi kedelai karena khawatir terlalu banyak fitoestrogen yang dapat berdampak negatif pada keseimbangan hormon mereka. Namun, isoflavone dalam kedelai tidak meningkatkan kadar estrogen pada laki-laki, dan tidak mempengaruhi kadar testosterone. Sebaliknya, kedelai dapat menurunkan risiko kanker prostat.

Baca juga:  Bertambah, Kabupaten di Bali yang Melaporkan PMK

4. Mengandung Kalsium dan Zat Besi

Mengonsumsi susu kedelai dapat membantu meningkatkan kadar kalsium dan zat besi dalam tubuh. Tubuh bergantung pada kalsium yang berasal dari makanan untuk mempertahankan jaringan tulang yang padat dan kuat. Tanpa itu, tubuh akan menggunakan tulang sebagai sumber kalsium yang dapat mengurangi kepadatan tulang. Zat besi dalam susu kedelai membantu pembuluh darah merah berfungsi dengan baik, serta membantu memastikan semua jaringan dalam tubuh mendapatkan oksigen yang dibutuhkan.

5. Mengandung Riboflavin dan Vitamin B12

Susu kedelai juga membantumu mendapatkan lebih banyak vitamin B kompleks dan berfungsi sebagai sumber vitamin B2 atau riboflavin, serta kaya kandungan vitamin B12. Vitamin B12 dapat membantu sel menghasilkan DNA, membantu fungsi sel darah merah, dan menjaga kesehatan saraf. Selain itu, riboflavin dalam susu kedelai akan membantu sel menghasilkan energi dan melindungi DNA dari kerusakan.

Baca juga:  Komplotan Pecandu Narkoba Ditangkap

6. Cocok untuk Vegan

Susu kedelai merupakan alternatif yang baik bagi vegan karena mengandung protein, tidak mengandung kolesteol, dan rendah lemak. Produk kedelai juga memberikan nutrisi penting, seperti kalsium, vitamin D, dan vitamin A.

Nah, itulah manfaat yang terdapat dalam susu kedelai. Kamu dapat menemukan susu ini dengan mudah di pasar maupun minimarket.

BAGIKAN