Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Organisasi merupakan tempat dimana orang-orang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Meski bergabung dalam organisasi kerap dikatakan buang-buang waktu, ada banyak manfaat yang dapat kamu peroleh ketika bergabung dalam organisasi.

Berikut manfaat bergabung dalam organisasi :

1. Mendapatkan Relasi

Anggota organisasi biasanya bersifat luas dan berasal dari latar belakang yang berbeda. Kamu tentunya akan mendapatkan kesempatan untuk berkenalan dengan orang-orang baru saat bergabung dalam suatu organisasi. Jalinan relasi ini mungkin akan bermanfaat untukmu saat ini atau bahkan bermanfaat di masa depan.

Baca juga:  Mafia Pendidikan

2. Belajar Hal Baru

Ada banyak hal baru yang bisa kamu dapatkan dari pengalaman berorganisasi. Kamu akan menemukan hal-hal baru dan belajar dari pengalaman tersebut.
Mengembangkan Minat dan Bakat

Bergabung dalam organisasi yang sesuai dengan minat dan bakatmu dapat membantu melatih kemampuanmu. Bertemu dengan orang yang memiliki minat yang sama akan semakin membuatmu berkembang.

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Saat bergabung dalam organisasi, kamu akan dipaksa untuk dapat berbicara di hadapan banyak orang, baik itu saat berkumpul bersama maupun saat rapat. Ini akan melatih kemampuan public speaking dan melatih rasa percaya diri.

Baca juga:  ASEAN dan Kerja Sama Negara di Kawasan Pasifik

4. Belajar Kepemimpinan

Dalam beberapa organisasi, kamu akan diberikan kesempatan untuk mengemban tanggung jawab sebagai pemimpin. Ini juga akan membentuk dirimu sebagai seseorang yang bertanggung jawab.

5. Melatih Kemampuan Kerja Sama Tim

Anggota organisasi tentunya terdiri dari banyak orang dan kamu akan mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan orang-orang tersebut. Hal ini dapat melatih kemampuan kerja sama tim, kamu akan belajar untuk menghargai pendapat orang lain dan mengemukakan pendapat.

Baca juga:  Ridwan Kamil Pulang ke Indonesia, Pencarian Emmeril Tetap Dilanjutkan

6. Belajar Manajemen Waktu

Selain bergabung dalam organisasi, kamu tentu sedang melakukan sesuatu yang lain, baik itu sekolah, kuliah, maupun pekerjaan. Di sini kamu akan belajar untuk manajemen waktu, bagaimana caranya agar kamu tetap berkontribusi dalam organisasi dan pekerjaanmu di waktu yang bersamaan.

Nah, itu dia manfaat dari organisasi. Cobalah untuk bergabung ke organisasi yang sesuai dengan minat dan bakatmu agar kamu merasakan manfaatnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *