Ilustrasi. (BP/istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Memilih laptop ketika ingin membeli laptop baru adalah hal yang bisa terbilang susah, apalagi jika kamu tidak familiar dengan perangkat ini. Di pasaran, ada banyak pilihan laptop yang tersedia dengan spesifikasi yang berbeda-beda.

Hal itu tentu saja dapat membingungkanmu, ditambah lagi dengan rayuan sales yang membuatmu pusing. Dilansir dari Computer Cures, hal-hal berikut harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu saat membeli laptop baru :

  1. Ukuran

Salah satu keuntungan dari laptop adalah bisa dibawa ke mana saja dengan mudah. Jika kamu orang yang cenderung membawa laptop saat bepergian, sebaiknya pilih laptop dengan ukuran layar lebih tipis serta desain yang tipis dan ringan. Biasanya laptop ini akan diiklankan dengan kata ‘ultrabook’ atau lebih spesifiknya, pilih laptp dengan ukuran layar antara 12 dan 13,3 inci, serta berat kurang dari 1,5 kg.

Baca juga:  Karena Ini, Fintech Dinilai Potensi Jadi Lintah Darat Digital

2. RAM (Random Access Memory)

Kinerja komputer bergantung pada ukuran RAM, terutama jika kamu melakukan multitasking di laptop. Semakin besar RAM yang dimiliki, semakin cepat kinerja laptop dalam mengakses data dan semakin banyak aplikasi yang dapat dijalankan dalam satu waktu. Minimal ukuran RAM adalah 4GB. Namun, jika kamu menggunakan software berdaya tinggi, pilih laptop dengan RAM 8GB atau lebih.

3. Kualitas Layar

Pastikan kamu memilih laptop dengan layar yang nyaman di mata. Layar yang lebih mengkilap cenderung memantulkan cahaya di sekitarnya, sementara laptop dengan layar sentuh akan memiliki layar glossy. Pilihan layar tergantung pada pemakaianmu.

Baca juga:  Belasan Laptop SMP di Panjer Digondol Maling, Kerugian Puluhan Juta Rupiah

4. Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai seringkali berbeda dengan apa yang tertulis. Variabel seperti kecerahan layar dan program yang dijalankan akan memengaruhi daya tahan baterai. Daripada fokus pada berapa jam baterai dapat bertahan, lebih baik kamu melihat ukuran baterai dalah Wh maupun mAH. Semakin besar angkanya, semakin lama baterai dapat bertahan.

5. CPU (Central Processing Unit)

CPU dapat diibaratkan sebagai jantung dari laptopmu. Sebaiknya kamu memilih laptop yang memiliki prosesor Intel Core, seperti Core i3 pada entry-level, Core i5 pada laptop kelas menengah, dan Core i7 pada laptop kelas atas.

Baca juga:  Maling Beraksi di SDN 2 Bunutin, 2 Laptop dan Uang Raib

6. Penyimpanan

Tidak hanya mempertimbangkan jumlah penyimpanan, kamu juga perlu mempertimbangkan jenis penyimpanan. Dulu, HDD (Hard Disk Drive) merupakan penyimpanan favorit, tapi seiring berjalannya waktu, penyimpanan ini tidak cocok pada laptop yang ringan. Kini, kebanyakan laptop memakai SSD (Solid State Drive) yang dapat bekerja lebih cepat.

7. Port USB 3.0

Kamu sebaiknya memilih laptop yang memiliki port USB 3.0 untuk menyambungkan perangkat peripheral, seperti hard drive eksternal, mouse, dan keyboard. Beberapa laptop tidak menyediakan port USB 3.0, seperti Macbook Pro.

Ingatlah untuk selalu mempertimbangkan hal-hal di atas saat membeli laptop. Jangan sampai kamu tergoda dengan rayuan dan kata-kata manis dari sales dan berakhir menyesal. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *