Ilustrasi. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, termasuk dirimu sendiri. Namun, menyalahkan diri sendiri atau self blaming tidak ada gunanya. Kamu harus berani menghadapi kesalahan tersebut dan berani mengakui tindakanmu.

Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghentikan self-blaming dan mulai memaafkan dirimu, dilansir dari Lifehack :

1. Bertanggung Jawab

Ketika kamu bertanggung jawab atas tindakanmu artinya kamu menerima bahwa kamu melakukan kesalahan. Jangan mencoba menyalahkan orang lain atas tindakanmu. Jika kamu tidak mau bertanggung jawab, itu akan membuat orang lain terus menyalahkanmu sepanjang waktu. Bertanggung jawablah atas segala kesalahanmu dan jadikan hal tersebut sebagai pelajaran untuk memperbaiki diri sendiri.

Baca juga:  Dari Banyak Rumdis Dikuasai Pensiunan hingga Ayu Garry Fokus Melatih

2. Cintai Diri Sendiri

Menyalahkan diri sendiri akan membuat dirimu memandang diri sendiri dalam sesuatu yang negatif. Namun, ketika kamu siap untuk bertanggung jawab, kamu dapat melihat sisi positif dari dirimu. Cintai diri sendiri dengan memperbaiki kekuranganmu untuk melengkapi aspek positif dari dirimu.

3. Cari Bantuan

Tidak ada salahnya untuk menemui terapis atau psikolog untuk mendapatkan bantuan. Stigma masyarakat kerap menganggap bahwa psikolog hanya untuk orang gila. Jangan biarkan stigma ini menghalangimu untuk mendapatkan kesehatan mental.

4. Bantu Orang Lain

Tidak ada gunanya menghabiskan waktu seharian hanya untuk mengasihani diri sendiri. Cobalah untuk berinteraksi dengan orang lain dengan mengikuti kegiatan volunteer. Kegiatan ini dapat membantumu untuk melupakan kesalahan yang kamu buat. Selain itu, ini juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan perspektif yang baru tentang dunia sekitar.

Baca juga:  WNA Meninggal di Selokan Ternyata Petarung MMA

5. Jangan Bersikap Kritis terhadap Diri Sendiri

Jika kamu kritis terhadap diri sendiri, kemungkinan kamu juga bersikap kritis terhadap orang lain, bahkan kamu mungkin tidak menyadarinya. Menilai orang lain hanya membuang-buang waktu, lebih baik gunakan waktumu untuk memperbaiki diri sendiri. mereka yang menghakimi orang lain cenderung paranoid dan berpikir bahwa orang lain juga menghakimi mereka.

6. Belajar Memaafkan

Semua orang dapat melakukan kesalahan. Untuk bisa memaafkan diri sendiri, kamu perlu belajar memaafkan orang lain terlebih dahulu. Tidak ada manusia yang sempurna, jadi tidak apa-apa jika kamu melakukan kesalahan.

Baca juga:  Dari Bandara Bali Utara Masuk Ranperda RTRW hingga Rekonstruksi Pembunuhan Malam Tahun Baru

7. Pelajari dan Move On

Kesalahan yang dilakukan lebih dari sekali bukanlah sebuah kesalahan. Jika kamu tidak belajar dari kesalahan yang pertama, jangan mengharapkan simpati dari siapa pun. Bertanggung jawablah atas tindakanmu dan gunakan pengalaman itu sebagai batu loncatan. Jangan biarkan dirimu jatuh dalam kebiasaan tersebut dan terjebak di sana. (kmb/balipost)

BAGIKAN