Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Zona nyaman adalah rasa nyaman dalam situasi kamu saat ini, baik itu di tempat kerja, bersama teman, atau dalam kehidupan sehari-hari. Orang-orang yang berada di zona nyaman biasanya melakukan hal-hal yang normal tanpa rasa takut dan tanpa risiko.

Namun, ada kalanya kamu perlu keluar dari zona nyaman agar hidupmu tidak terasa membosankan dan terkesan monoton. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk keluar dari zona nyaman :

1. Pikirkan Hal yang Membuatmu Takut

Pikirkan hal yang membuatmu takut keluar dari zona nyaman. Selama ini kamu tetap berada di zona nyaman karena kamu memiliki ketakutan jika kamu keluar dari zona tersebut. Cobalah untuk mengadapi ketakutanmu dengan lebih berani, kamu pasti bisa untuk menghadapinya.

Baca juga:  Doni Monardo Dianugerahi Doktor HC oleh IPB, Ini Selarik Kisah Terpendamnya

2. Temukan Alasan Melakukannya

Sebelum memutuskan keluar dari zona nyaman, pikirkan alasan yang membuatmu harus keluar dari zona nyaman. Alasan ini mungkin akan bisa memotivasimu agar bisa melakukannya lebih baik lagi. Misalnya, kamu memutuskan untuk bersosialisasi dengan orang baru agar kamu mendapatkan lebih banyak relasi.

3. Ubah Kebiasaan dan Keseharian

Keluar dari zona nyaman bisa dilakukan dengan mulai mengubah kebiasaan atau keseharianmu. Selama ini mungkin kamu hanya melakukan kegiatan yang monoton dan itu-itu saja, cobalah untuk melakukan sesuatu yang baru, misalnya berolahraga atau pergi bersama teman-teman.

Baca juga:  Tahun Depan, Abrasi Pantai Kuta akan Ditangani

4. Lakukan Secara Bertahap

Tidak perlu terburu-buru melakukannya, lakukan secara perlahan dan bertahap. Melakukannya dengan terburu-buru hanya akan membuatmu lelah dan mungkin kamu akan mengalami ketakutan untuk keluar dari zona nyamanmu. Lakukan sesuai kapasitas dirimu dan jangan terlalu memaksakan diri.

5. Yakinkan Diri Sendiri

Hanya kamu satu satunya orang yang mengenal baik dirimu. Yakinkan diri sendiri bahwa kamu bisa melakukannya. Kamu harus terus berpikiran positif dan sebisa mungkin menjauhi diri dari pikiran-pikiran negatif yang dapat membuatmu menyerah.

Baca juga:  NIK akan Jadi NPWP, Menkeu Ingatkan Jangan Sampai Timbul Gejolak

6. Self Reward

Setelah kamu berhasil keluar dari zona nyaman, berikan dirimu apresiasi karena sudah melaluinya dengan baik. Keluar dari zona nyaman membutuhkan keberanian yang besar, sehingga kamu layak untuk menghadiahi diri sendiri.

Saat kamu memutuskan untuk keluar dari zona nyaman artinya kamu siap untuk menghadapi segala risiko dan tantangan ke depannya. Maka dari itu, kamu harus berani dan jangan takut untuk melangkah. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *