Pecalang mengatur para pemedek yang hendak ke Pura Dalem Puri, Besakih, Karangasem. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pemedek (umat Hindu yang melakukan persembahyangan) ke Pura Dalem Puri sudah ramai sejak Senin (23/1). Kondisi ini membuat lalu lintas menuju Besakih, padat merayap.

Ramainya pemedek ke Pura Dalem Puri ini juga terlihat dari penuhnya lahan parkir kendaraan milik warga. Klian Banjar Batumadeg, I Putu Eka Januarta, mengatakan, sejak dimulainya Usaba Pura Dalem Puri, 21 Januari lalu, jumlah pemedek yang tangkil untuk melakukan persembahyangan semakin hari semakin ramai.

Baca juga:  Berkat Bantuan Pemerintah, 80 Ribu Keluarga Tak Mampu Nikmati Listrik

Kondisi itupun membuat jalur-jalur masuk Besakih makin krodit. “Sama seperti tahun sebelumnya, semua pintu masuk Besakih dari timur Batusesa, selatan Menanga, dan barat Kintamani ramai. Kantong-kantong parkir untuk para pemedek juga semuanya penuh, tidak ada yang tidak berisi kendaraan, semuanya berisi,” ujarnya.

Januarta, mengatakan, kondisi seperti ini diyakini akan terus berlangsung hingga puncak usaba yang akan jatuh pada 26 Januari. “Besok dan seterusnya, pasti lebih ramai pemedek. Ramainya hingga puncak biasanya, karena pada 27 Januari, usaba sudah masineb (berakhir),” katanya.

Baca juga:  Semburan Belerang Kembali Muncul di Danau Batur, Sejumlah Ikan Mati

Hal senada juga disampaikan, Klian Banjar Kedungdung, I Wayan Sudi. Dia menjelaskan, pemedek sangat ramai. “Ya pemedek sangat ramai, tapi lalu lintas sejauh ini ramai, tertib, dan lancar. Karena kendaraan sudah diarahkan ke kantong-kantor parkir oleh petugas kepolisian,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN