Suasana persembahyangan di Pura Dalem Puri Besakih. (BP/Dokumen)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pelaksanaan Usaba Pura Dalem Puri di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem dimulai pada 21 Januari 2023. Untuk Puncak Usaba sendiri akan berlangsung pada 26 Januari.

Pemangku Pura Dalem Puri, I Gusti Mangku Ngurah Kubayan, Selasa (17/1) mengungkapkan, Usaba Pura Dalem Puri dimulai pada 21 Januari 2023 yang diawali dengan Pertabuhan Usaba Pitra yang dilaksanakan di Pura Ulun Kulkul dan nedunang pralingga Ida bhatara di Pura Merajan Selonding. “Upacara sendiri akan dipuput oleh pemangku,” ujarnya.

Baca juga:  Karya Agung Pengurip Gumi untuk "Kerahayuan Jagat”

Kubayan menambahkan, untuk tanggal 22-25 Januari Katuran ayaban, dan puncaknya dan pecayan jatuh pada 26 Januari 2023. “Untuk puncak Usaba di Dalem Puri dipuput (dipimpin, red) sulinggih sedangkan pecayan di Pura Ulun Kulkul dipuput pemangku. Dan pada 27 Januari penganyar di Pura Dalem Puri dan penyineban di Pura Merajan Selonding yang dipuput pemangku,” katanya.

Sementara itu, I Gusti Mangku Sandi, mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan jelang Usaba Pura Dalem Puri. “Persiapan sudah, dan untuk pemasangan ider-ider dan yang lainnya akan dilakukan mulai besok,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Diguyur Hujan Deras, Akses Jalan Pura Batumadeg ke Pengubengan Besakih Jebol
BAGIKAN