Tiang PJU tergeletak di trotoar selatan kantor DPRD Bangli. (BP/ina)

BANGLI, BALIPOST.com – Beberapa tiang penerangan jalan umum (PJU) yang menghabiskan miliaran rupiah dalam pengadaannya di Kota Bangli tergeletak di pinggir jalan. Salah satunya terlihat di selatan kantor DPRD Bangli.

Tiang PJU yang berisikan hiasan ornamen ukiran maskot Kota Bangli, Pucuk Bang itu tergeletak di trotoar. Pemandangan serupa juga terlihat di wilayah Bebalang.

Sebuah tiang berbentuk lurus dan dua tiang yang bentuknya melengkung berisikan hiasan ornamen pucuk bang terlentang di atas rumput depan sebuah Pura. Pemandangan itu sudah terlihat sejak beberapa Minggu lalu.

Baca juga:  Diguyur Hujan Seharian, Tembok SMPN 1 Ubud Jebol Sebabkan Satu Mobil Rusak

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bangli Ketut Riang dikonfirmasi tak menampik hal itu. Dijelaskan bahwa tiang PJU yang tergeletak di selatan kantor DPRD Bangli, dulunya terpasang tepat di depan kantor DPRD.

Karena keberadaanya dianggap menghambat jalan masuk ke kantor tersebut sehingga tiang PJU itu dicabut. “Demikian juga yang di depan RSU Bangli karena menghambat dicabut,” ujarnya dikonfirmasi Minggu (22/1).

Sedangkan tiang PJU yang tergeletak di Bebalang, kata Riang, sebelumnya terpasang di selatan patung Adipura. Karena pertimbangan estetika, sehingga dicabut. “Disamping itu karena penerangan di sana juga sudah cukup,” jelasnya.

Baca juga:  Bupati Tamba Kukuhkan Bendesa Dharma Kerti Kaliakah Kangin

Pejabat asal Desa Belantih, Kintamani itu beralasan sengaja meletakan tiang PJU di pinggir jalan karena tidak punya tempat untuk menyimpannya. Selain itu untuk memindahkan dan mengangkut tiang PJU itu pihaknya juga butuh alat. “Karenanya sementara kami titip di sana,” ujarnya.

Riang memastikan semua tiang PJU yang tercabut tersebut akan segera dipasang kembali. Pihaknya masih akan menentukan dimana cocoknya tiang PJU itu dipasang. Pihaknya juga memastikan akan memperbaiki beberapa tiang PJU yang informasinya mulai mengalami kerusakan.

Baca juga:  Diduga Lupa Matikan Dupa, Bale Dangin di Lodtunduh Terbakar

Sebagaimana yang diketahui Pemkab Bangli memasang PJU baru di wilayah Kota Bangli 2021 lalu. Total ada 199 unit PJU baru yang dipasang. Berbeda dengan lampu PJU sebelumnya, lampu PJU yang dibeli dengan anggaran sekitar Rp 4 miliar itu berisikan hiasan ornamen ukiran maskot Kota Bangli, pucuk bang. Lampu PJU yang berjenis LED itu diklaim lebih hemat listrik dibanding lampu mercury yang dipasang sebelumnya. (Dayu Rina/Balipost)

BAGIKAN