Ruas Jalan Sukaluwih-Geriana putus karena hujan deras melanda wilayah itu pada Jumat (20/1). (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Hujan deras yang melanda Karangasem, Jumat (20/1) mengakibatkan akses jalan kabupaten putus. Kali ini akses jalan yang putus adalah ruas jalan milik Kabupaten, penghubung Sukaluwih-Geriana Kauh yang terletak di Banjar Dinas Sukaluwih, Desa Amerta Buana, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem.

Perbekel Desa Amerta Buana, I Wayan Seriasa, mengungkapkan, ruas jalan penghubung tersebut sudah lima kali jebol sampai saat ini. Jalan putus terjadi saat hujan deras.

Baca juga:  Perlu 28 Jam,¬†Jenazah Pendaki di Gunung Agung Akhirnya Berhasil Dievakuasi ke Bawah

“Dua hari yang lalu saat diguyur hujan deras jalan masih bisa dilewati kendaraan, kemudian kemarin lagi diguyur hujan sehingga membuat jalan semakin amblas dan sekarang jebol total dan tidak bisa dilewati sama sekali,” ucapnya, Minggu (22/1).

Seriasa mengatakan, untuk saat ini warga yang hendak melakukan aktivitas harus mencari jalan alternatif lain. Hanya saja, masyarakat harus memutar cukup jauh.

“Bila melewati jalur alternatif, waktu yang dibutuhkan sedikit lebih lama. Dan akses tersebut sangat penting bagi beberapa warga desa seperti wilayah Sebun, Bukit Galah maupun Sukaluwih karena itu merupakan jalan utama menuju pusat kota,” katanya.

Baca juga:  Sebelum Meninggal, Sekretaris TKD Prabowo-Gibran Bali Hendak ke Nikahan Keluarga

Dia berharap, jalan bisa diperbaiki secara permanen oleh Dinas PUPR Karangasem. Sebab, jika dipaksakan diurug ketika ada hujan deras pasti akan jebol lagi.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Dinas PUPR dan Perkim Kabupaten Karangasem I Wayan Surata Jaya, mengatakan, untuk ruas jalan tersebut belum bisa dilakukan penanganan dalam waktu dekat. Tapi, tahun ini kemungkinan akan dilakukan diperbaiki.

“Saat ini staf teknis masih melakukan assessment ke lokasi, rencananya kita akan tangani melalui pemeliharaan rutin tahun ini dengan menggunakan box culvert nantinya,” ujar Surata Jaya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Peringati Hari Bumi, Gojek dan GoTo Financial Luncurkan Inisiatif #GoGreener
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *