Warga keturunan etnis Tionghoa melakukan persembahyangan perayaan tahun baru Imlek di Griya Kongco Dwipayana, Tanah Kilap, Denpasar, Selasa (1/2/2022). (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Menjelang hari raya Imlek, sejumlah kelenteng di Bali telah melakukan persiapan mulai dari melakukan kegiatan pembersihan hingga nantinya dilaksanakan kegiatan persembahyangan pada hari raya Imlek.

Kelenteng sendiri merupakan sebutan untuk tempat ibadah penganut kepercayaan tradisional Tionghoa.
Untuk kamu yang ingin merayakan hari raya Imlek dengan melakukan persembahyangan di kelenteng pada Minggu (22/1), berikut lima vihara dan kelenteng yang bisa kamu kunjungi :

1. Vihara Satya Dharma

Vihara satu ini merupakan tempat ibadah Tridharma, yaitu Buddha, Taoisme, dan Konghucu, yang terletak di wilayah Pelabuhan Benoa, Bali. Tempat ibadah ini menunjukkan adanya akulturasi dengan agama Hindu Bali dengan adanya pelinggih Padmasana dan Tugun Karang di pojok halaman bagian depan. Biasanya pada saat hari raya Imlek, tempat ini dihiasi dengan lampion-lampion dan menampilkan pertunjukkan Barongsai.

Baca juga:  Berbagai Upaya Indonesia Sambut Wisatawan Rayakan Imlek Diapresiasi Pemerintah China

2. Vihara Dharmayana Kuta

Vihara Dharmayana Kuta merupakan salah satu tempat ibadah Tridharma yang memuja Tan Hu Cin Jin sebagai Shing Bing utama. Menjelang perayaan Imlek, vihara ini akan menggelar ritual tolak bala dengan melakukan persembahyangan di setiap simpang tiga dan simpang empat di dekat vihara tersebut. Sementara itu, ketika hari raya Imlek tiba, akan dilaksanakan persembahyangan dan vihara dibuka selama 24 jam.

3. Kelenteng Caow Eng Bio

Kelenteng ini merupakan kelenteng tertua yang ada di Bali dan berlokasi di ujung utara Tanjung Benoa. Pendirian kelenteng ini didedikasikan kepada Dewi Shui Wei dan 108 bersaudara dari Hainan. Persiapan Imlek di kelenteng ini sudah dilakukan dari tanggal 15 Januari dan pada tanggal 21 akan dilaksanakan persembahyangan sebelum puncak perayaan Imlek.

Baca juga:  Imlek Ini, Prosesi Tolak Bala Keliling Kuta akan Digelar

4. Griya Kongco Dwipayana

Berlokasi di Jl. Tanah Kilap, Pemogan, Denpasar, kelenteng ini telah berdiri sejak 23 tahun lalu. Di kelenteng ini terdapat hampir ratusan patung dewa dan disebut terlengkap di Bali, mulai dari Ong Tai Jin, Dewa Kwankong, Dewa Laut, Ratu Syahbandar, Sam Poo Kong, Dewa Naca, dan Patung 7 Dewi. Pada perayaan Imlek tahun ini, umat di kelenteng ini akan melaksanakan persembahyangan dari pagi hingga malam dan dilanjutkan dengan pertunjukkan Barongsai.

Baca juga:  Bertambah 17 Positif COVID-19, Kelurahan Ini Sumbang Kasus Terbanyak

5. Kelenteng Lim Yuang Gong

Kelenteng Lim Yuang Gong atau lebih dikenal dengan Lim Gwan Kiong merupakan kelenteng tertua di Kota Singaraja. Berlokasi di Jl. Erlangga, Kampung Bugis, Buleleng, kelenteng ini telah dibangun sejak 150 tahun lalu. Pada perayaan Imlek nanti, akan ada pertunjukkan Barongsai dan kembang api di kelenteng ini.

Meski tidak ada pembatasan lagi oleh pemerintah, jangan lupa untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, ya. Selamat tahun baru Imlek! (kmb/balipost)

BAGIKAN