Pesawat udara mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Rabu (2/3/2022). (BP/Dokumen Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Beberapa maskapai penerbangan menerapkan prosedur yang ketat karena penerbangan pesawat membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi. Jika ini pertama kalinya kamu bepergian dengan pesawat, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Dilansir dari The Travel, berikut sembilan hal yang tidak boleh kamu lakukan di pesawat :

1. Jangan Abaikan Arahan Keselamatan

Mungkin kamu tidak akan percaya bahwa pesawat yang kamu naiki bisa saja mengalami kejadiaan yang tidak diinginkan, tapi tidak ada salahnya mempersiapkan diri untuk kemungkinan terburuk. Sebelum pesawat terbang, maskapai akan memberikan pengarahan untuk pedoman penerbangan. Sebaiknya kamu memperhatikan pengarahan dengan baik, bahkan ini tidak membutuhkan waktu lebih dari sepuluh menit.

Baca juga:  Yayasan Puri Kauhan Ubud Lanjutkan Pelestarian Lingkungan di Tukad Oos

2. Jangan Bercanda Tentang Bom

Maskapai menanggapi ancaman tentang bom dengan sangat serius. Bahkan, kemungkinan terburuknya, membicarakan tentang bom dapat membuatmu dikeluarkan dari penerbangan dan dibawa ke ruang interogasi.

3. Jangan Saling Mendorong

Setiap orang sangat ingin segera turun dari pesawat dan beberapa orang mungkin memiliki masalah yang mendesak. Namun, kamu harus mengikuti prosedur dan menunggu barisan depan untuk turun terlebih dahulu. Jika orang di depanmu membutuhkan waktu lama untuk mengambil barang bawaannya, tunggulah dengan sabar.

4. Jangan Mengangkat Kaki ke Atas Kursi

Baca juga:  Dr Aqua Dwipayana Ingatkan Mahasiswa untuk Selalu Bersyukur

Ini adalah etika dasar yang perlu kamu ketahui. Hormatilah orang yang duduk di sebelahmu dengan tidak mengangkat kaki ke atas kursi pesawat.

5. Jangan Taruh Barang Bawaanmu di Atas Kursi Orang Lain

Jika kamu membawa banyak barang bawaan, sebaiknya letakkan di kabin pesawat agar perjalanmu tidak terganggu dan penumpang di sebelahmu juga tidak terganggu.

6. Jangan Mabuk

Jika kamu terbang dalam kondisi mabuk, itu akan menimbulkan perilaku gaduh dan membuat penumpang lain merasa tidak nyaman.

7. Jangan Biarkan Anak Berkeliaran

Membawa anak di dalam pesawat mungkin akan sangat merepotkan. Meski begitu, jaga anakmu dengan baik dan jangan biarkan mereka berkeliar di dalam pesawat karena itu akan mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Baca juga:  Ribuan Warga Saksikan Prosesi Palebon Penglingsir Puri Ageng Blahbatuh

8. Jangan Melepaskan Sepatu

Jangan lepaskan sepatumu ketika berada di pesawat, bahkan jika kamu memakai sandal, jangan biarkan kakimu telanjang.

9. Jangan Memutar Musik dengan Keras

Jika kamu ingin mendengarkan musik, pakailah headphone agar orang lain tidak terganggu. Selain itu, memutar musik keras-keras di pesawat juga merupakan perilaku tidak sopan.

Bepergian memang menyenangkan, tapi untuk keselamatan dan keamanan, sebaiknya kamu mematuhi protokol yang berlaku. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *