Air kelapa. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Air kelapa merupakan minuman yang dapat menghidrasi dan menyegarkan. Selain itu, rasa yang lezat juga membuatnya digemari berbagai kalangan.

Tidak hanya menyegarkan, dilansir dari Lifehack, air kelapa memiliki sebelas manfaat untuk tubuh. Yuk simak manfaatnya.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan lemak dalam air kelapa sangat rendah, sehingga dapat dikonsumsi dalam jumlah yang banyak tanpa takut berat badan bertambah. Selain itu, air kelapa juga membuatmu merasa lebih kenyang.

2. Menjadikan Kulit lebih Kencang

Air kelapa memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu membersihkan jerawat dan noda lainnya dari permukaan kulit, serta dapat mengencangkan kulit. Jika kamu konsisten meminum air kelapa setiap hari, kamu bisa melihat perubahan pada kulitmu.

Baca juga:  Bertambah Empat, Ini Jumlah Kasus Positif Covid -19 di Bangli

3. Meningkatkan Kesadaran

Jika kamu sering minum alkohol, kamu bisa mengonsumsi air kelapa untuk menenangkan perut. Air kelapa mengandung potassium dan gula alami yang dapat mengihdrasi tubuh, sehingga bagus dikonsumsi saat sedang sakit atau mengalami mabuk.

4. Melancarkan Pencernaan

Kamu bisa mengonsumsi air kelapa untuk melancarkan proses pencernaan. Air kelapa mengandung banyak kebutuhan serat harian, sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan. Air kelapa juga dapat menghilangkan asam lambung jika kamu konsisten meminum air kelapa selama seminggu.

5. Meningkatkan Hidrasi

Kandungan dalam air kelapa jauh lebih efektif untuk menghidrasi tubuh daripada minuman berenergi. Kamu bisa mengonsumsi air kelapa setelah berolahraga karena aktivitas fisik yang keras dapat membuatmu kehilangan cairan yang kaya mineral.

Baca juga:  Keselamatan Bersama yang Utama, Liburan Nataru Tunda Dulu

6. Mengurangi Tekanan Darah

Dalam beberapa kasus, tekanan darah tinggi disebabkan oleh tingkat elektrolit yang tidak proposional. Air kelapa mengandung pasokan yang cukup dan dan dapat digunakan untuk menjaga keseimbangan elektrolit.

7. Kaya Nutrisi

Air kelapa mengandung lima elektrolit esensial yang ada dalam tubuh, yaitu kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium.

8. Meningkatkan Pengelihatan

Selain mengonsumsi wortel, air kelapa juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Mengonsumsi air kelapa dapat membantu mengatasi masalah pengelihatan seperti glaucoma dan katarak.

9. Meredakan Sakit Kepala

Air kelapa dapat meredakan sakit kepala yang ada kaitannya dengan hipertensi dan dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala karena hilangnya cairan dalam tubuh. Dengan meminum air kelapa, kamu akan mendapatkan kembali cairan yang hilang.

Baca juga:  Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

10. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Asam laurat yang ada di dalam air kelapa memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan antivirus. Asam ini memerangi infeksi serta menghilangkan cacingan dan bakteri kandida, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

11. Menghilangkan Toksin

Air kelapa dapat menghilangkan racun dari tubuh dan memecah batu ginjal. Selain itu, air kelapa juga dapat membersihkan saluran kemih dan saluran kandung kemih. Maka dari itu, air kelapa dapat membantu orang yang memiliki penyakit ginjal.

Agar lebih nikmat, kamu juga bisa mengonsumsi air kelapa dengan es, tapi air kelapa yang langsung dikonsumsi tanpa tambahan apa pun juga tetap menyegarkan. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *