Ilustrasi. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kamu pasti tidak asing dengan istilah introvert, ekstrovert, atau ambivert. Ketiga istilah ini kerap dikaitkan dengan kepribadian seseorang. Pada dasarnya, introvert adalah seseorang yang suka berada di lingkungan yang tidak begitu ramai, berbeda dengan ekstrovert yang menyukai keramaian.

Kepribadian introvert seringkali menjadi perbincangan karena memiliki kepribadian yang unik dan tidak terduga. Berikut merupakan ciri-ciri orang dengan kepribadian introvert, dilansir dari berbagai sumber :

1. Berinteraksi Dapat Menguras Energi

Individu dengan kepribadian introvert cenderung merasa lebih cepat lelah ketika berinteraksi dengan banyak orang. Mereka mengeluarkan energinya saat berkempul dengan banyak orang, tapi setelah pertemuan itu, mereka akan merasa kelelahan.

Baca juga:  Hujan Deras, Jalan Amblas hingga Banjir Melanda Karangasem

Selain itu, energi introvert akan lebih cepat habis ketika bertemu dengan orang baru dibandingkan bertemu dengan orang-orang terdekat. Mereka biasanya membutuhkan waktu untuk mengisi ulang energi dengan menyendiri.

2. Lingkar Pertemanan Lebih Sedikit

Introvert artinya bukan selalu ingin sendiri dan tidak memiliki teman, tapi orang introvert lebih memilih untuk berteman atau berinteraksi dengan orang yang lebih sedikit. Mereka lebih suka menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat, seperti keluarga atau teman.

3. Lebih Suka Menulis dari pada Berbicara

Orang dengan kepribadian introvert lebih suka menulis apa yang mereka pikirkan daripada berbicara secara langsung. Melalui tulisan, mereka akan memikirkan terlebih dahulu apa yang akan ditulis dan memperhatikan detail-detail kecil agar tersampaikan dengan benar.

Baca juga:  Rastra Tabanan Segera Didistribusikan

4. Suka Menghabiskan Waktu Sendiri

Menghabiskan waktu sendiri adalah hal yang menyenangkan bagi introvert. Lebih banyak sendiri bisa mengisi ulang energi positif mereka dan mereka akan lebih nyaman saat sendirian. Meskipun suka menghabiskan waktu sendiri, introvert tidak sepenuhnya menutup diri. Mereka juga suka menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat.

5. Suka Berimajinasi

Dalam menyelesaikan suatu masalah, introvert lebih suka berimajinasi. Mereka akan mempelajari terlebih dahulu masalah tersebut dan membayangkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi sebelum bertindak.

6. Tidak Suka Menjadi Pusat Perhatian

Baca juga:  Pura Siwa Dampati di Tamanbali Terbakar, Kerugian Seratus Juta

Kebanyakan orang dengan kepribadian introvert memiliki masalah ketakutan ketika berbicara di depan orang banyak. Namun, bukan berarti mereka lari dan menghindari masalah ini, tapi mereka akan mengatasinya dengan cara tersendiri.

7. Sensitif, Inropeksi dan Rasa Ingin Tahu

Introvert memiliki proses pemikiran yang sangat aktif dan sangat peka terhadap sesuatu. Hal ini membuat mereka melakukan intropeksi diri dan meneliti hal-hal yang kurang tepat. Selain itu, rasa ingin tahu mereka juga tinggi, sehingga mereka akan lebih banyak mencari informasi melalui membaca atau mendengarkan dengan seksama.

Setelah melihat ciri-ciri introvert di atas, apakah kamu salah satunya? (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *