Ilustrasi. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kulit wajah yang bersih dan segar tentunya menjadi idaman bagi setiap orang. Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda-beda dan membutuhkan perawatan yang berbeda pula.

Namun, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan kulit wajah, mulai dari faktor dalam diri hingga faktor lingkungan. Membersihkan kulit wajah di pagi hari dan setelah seharian beraktivitas tentunya menjadi hal yang wajib dilakukan dan tidak bisa disepelekan.

Berikut empat alasan pentingnya membersihkan kulit wajah :

Baca juga:  Tunggakan BPJS di RSU Bangli Capai Rp 2,3 Miliar

1. Mempertahankan Kulit Bersih

Untuk melindungi diri dari kerusakan lingkungan, kulit memproduksi sebum. Meski sebum bermanfaat bagi kulit, jika terlalu lama menempel di kulit tanpa dibersihkan, atau jika ada minyak berlebih di permukaan, ini dapat bercampur dengan sisa penumpukan di kulit.

Hal ini dapat menyebabkan pori-pori membesar dan menyumbat folikel kulit, menjebak sebum dan membiarkan bakteri menembus kulit. Ini dapat menyebabkan peradangan, jerawat, dan kulut kusam.

2. Meningkatkan Hidrasi

Membersihkan wajah secara teratur merupakan faktor penting dalam membantu kulit mempertahankan tingkat kelembapan yang tepat. Kulit yang dehidrasi akan tampak kasar, keriput, dan menua. Sementara, pembersihan akan membantu mengatur tingkat pH kulit.

Baca juga:  Tiga Hari Berturut-turut, Kabupaten Ini Nihil Tambahan Kasus COVID-19 dan Cuma Punya 2 Kasus Aktif

3. Tetap Terlihat Muda

Setiap hari, kulit mengalami penuaan. Polusi lingkungan dapat mempercepat proses penuaan. Membersihkan kulit merupakan cara terbaik untuk menyingkirkan semua partikel yang tidak diinginkan dan merangsang proses internal untuk melawan penuaan, termasuk kerutan dan pigmentasi.

4. Mencegah Produksi Minyak Berlebih

Di pagi hari, lebih banyak sel kulit mati yang mengelupas, dan lebih banyak sebum untuk emulsi. Tentunya ini tidak bisa dibilas dengan air saja.

Baca juga:  Sejumlah Hakim dan Pegawai Terkonfirmasi COVID-19 di PN Denpasar

Air hanya menghilangkan sekitar 65 persen minyak dan serpihan dari permukaan kulit, sehingga sebaiknya bersihkan dengan sabun wajah yang tepat.

Selain membersihkan wajah dengan teratur, pemilihan produk pembersih wajah yang tepat juga sangat penting karena masing-masing orang memiliki kecocokan yang berbeda-beda terhadap suatu produk pembersih wajah. (kmb/balipost)

BAGIKAN