Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Merias wajah tentunya menjadi hal yang wajib ketika bepergian agar wajah terlihat lebih fresh dan bercahaya. Makeup tidak bisa diaplikasikan sembarangan karena setiap produk ada tahapan penggunaannya sendiri. Berikut tahapan makeup yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Bersihkan Wajah

Sebelum mengaplikasikan makeup, bersihkan wajah terlebih dahulu agar makeup lebih menyatu. Pembersihan wajah bisa menggunakan micellar water yang aman digunakan berkali-kali dan tidak mengandung alkohol.

2. Moisturizer atau Pelembap

Moisturizer atau pelembap berfungsi untuk mencegah serta mengatasi permasalahan kulit kering. Namun, moisturizer tidak hanya dibutuhkan oleh orang yang memiliki kulit kering saja, tapi dibutuhkan oleh semua jenis kulit, baik normal maupun berminyak.

3. Sunscreen

Sunscreen merupakan jenis tabir surya yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Sunscreen dapat melindungi kulit dengan cara menembus dan terserap oleh kulit, dan membentuk lapisan proteksi terhadap sinar matahari.

Baca juga:  Memotret Air Terjun Selembut Kapas

4. Foundation

Foundation berfungsi untuk meratakan warna kulit, sehingga kekurangan dapat tersamarkan. Selain itu, foundation juga berfungsi agar bedak menjadi lebih awet dan hasil riasan menjadi tahan lebih lama. Foundation juga dikenal sebagai alas bedak.

5. Concealer

Concealer memiliki bentuk dan tekstur yang mirip dengan foundation, tapi memiliki fungsi yang berbeda. Concealer berguna untuk menutupi flek-flek hitam seperti bekas jerawat, lingkaran hitam mata, dan bitnik-bintik merah jerawat pada wajah. Concealer akan menutupi jerawat dan noda gelap pada wajah dengan sempurna, serta menghasilkan warna tampilan wajah yang lebih rata dan sempurna.

6. Bedak

Bedak merupakan tahap penyempurnaan riasan agar hasil akhir makeup lebih rapi dan sempurna. Penggunaan bedak akan menyempurnakan penggunaan foundation dan base makeup lainnya.

Baca juga:  Orang dengan Kondisi Ini, Jangan Konsumsi Jahe

7. Pensil Alis

Bentuk dan ketebalan alis dapat memengaruhi kesan keseluruhan pada wajah. Untuk membentuk alis, kamu bisa menggunakan pensil alis agar alis tampak serasi dengan wajah.

8. Eyeshadow

Seperti namanya, eyeshadow membuat kesan bayangan pada mata. Eyeshadow dapat mencerahkan mata, dan membuat mata tampak lebih besar dengan menggunakan teknik warna dan teknik blending.

9. Eyeliner

Eyeliner digunakan untuk mempertegas garis mata. Selain itu, eyeliner dapat membuat tampilan mata menjadi lebih besar atau lebih kecil, tergantung bagaimana kamu menggunakannya.

10. Maskara

Produk riasan mata yang terakhir adalah maskara. Maskara dapat memberikan tampilan yang membuat mata tampak lebih cantik dengan menebalkan, memanjangkan, dan menggelapkan bulu mata.

Baca juga:  BPOM Temukan Produk Mengandung Zat Berbahaya

11. Blush on

Blush on digunakan untuk membuat wajah tampak lebih berseri dan cerah. Kamu bisa menggunakan blush on berbentuk krim untuk hasil yang lebih alami. Pilihlah warna blush on yang sesuai dengan rona alami kulit wajah.

12. Lipstik

Lipstik merupakan sentuhan terakhir pada wajah yang berfungsi untuk memberikan warna pada bibir. Selain itu, pemakaian lipstik akan membuat wajahmu terlihat lebih bercahaya dan tidak terlihat pucat.

13. Setting spray

Setting spray tidak wajib digunakan, tapi jika kamu ingin membuat makeup menempel lebih lama, maka gunakanlah setting spray.

Kamu bisa mengaplikasikan produk make up sesuai dengan tahap-tahap di atas, sehingga hasil makeup akan tampak sempurna dan kamu bisa tampil dengan percaya diri. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *