Suasana di Pura Uluwatu, Badung pascakebakaran pelinggih utama Meru Tumpang Tiga, Rabu (9/11/2022). (BP/Dokumen)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Perbaikan meru tumpang tiga di Pura Uluwatu masih dilakukan. Menurut Bendesa Adat Pecatu Made Sumerta, progress saat ini masih menunggu kayu untuk bangunan meru.

Disinggung terkait prosesi pujawali pada Anggara Kasih Medangsia, 24 Januari 2023 ini, Sumerta mengatakan prosesi tetap akan digelar seperti biasa. Namun dalam pelaksanaannya nanti semua prosesi akan digelar di Madya Mandala. Sedangkan untuk persembahyangan para pamedek, dilakukan di penyawangan di bawah.

Baca juga:  Polres Badung Selidiki Dugaan Korupsi Puluhan Miliaran di LPD

“Piodalan dalam waktu dekat ini tetap digelar seperti biasa dan akan nyejer. Namun untuk pamedek, persembahyangan dilakukan di penyawangan di bawah,” ucapnya

Ia menambahkan penyelesaian meru juga harus menunggu hari baik atau dalam istilah Bali disebut dewasa. “Sekarang untuk penyelesaian meru masih menunggu dewasa. Pengerjaan saat ini dilakukan di luar,” kata Sumerta saat dihubungi, Senin (9/1).

Ia mengatakan, untuk penyelesaian pembangunan meru ini ditargetkan pada bulan Agustus 2023. Setelah semua rampung, akan dilakukan pamlaspasan. Prosesi upacara akan dilakukan sebelum piodalan pada Anggara Kasih Medangsia, di tanggal 22 Agustus 2023. (Yudi Karnaedi/balipost)

Baca juga:  Bali Dijadikan Lokasi Syuting Video Asusila, Aparat Harus Tegas

 

BAGIKAN