Ilustrasi. (BP/Tomik)

DENPASAR, BALIPOST.com – Suatu hubungan asmara tidak selalu berjalan mulus, kadang bisa saja mengalami kegagalan. Saat kamu gagal dalam suatu hubungan, kamu perlu move on.

Move on merupakan istilah yang populer di kalangan anak muda. Istilah ini dikaitkan dengan proses penyembuhan diri pascaputus cinta.

Pada beberapa orang, move on bukanlah sesuatu yang mudah dan memerlukan waktu yang cukup lama. Bagi kamu yang sulit move on, kamu bisa mengikuti tips di bawah ini :

1. Pergi ke Tempat Baru

Suasana yang baru akan membantumu untuk lebih cepat melupakan mantanmu. Kamu bisa mencoba pergi ke lingkungan yang baru atau kamu juga bisa mencoba solo traveling.

Baca juga:  Belasan Napi Perempuan Minum Cairan Disinfektan Dirujuk ke RSUP Sanglah, Satu Meninggal

Solo traveling membuatmu bisa memberikan kamu waktu untuk sibuk dengan dirimu sendiri, sehingga kamu tidak akan ada waktu untuk memikirkannya. Hindari pergi ke tempat-tempat yang pernah kamu kunjungi bersamanya karena itu malah akan membuatmu memikirkannya.

2. Simpan Barang-Barang yang Berkaitan Dengannya

Melihat barang yang diberikan oleh mantanmu, tentunya akan semakin membuatmu teringat dengannya. Kamu bisa menyimpan benda-benda tersebut di tempat yang tidak akan terlihat olehmu, seperti di dalam kardus atau gudang.

Baca juga:  Hingga Akhir Juli, 57,8 Juta NIK Telah Terintegrasi dengan NPWP

3. Jangan Memusuhi Mantanmu

Biasanya jika mantanmu berbuat kesalahan yang menyebabkan kalian putus, kamu akan sulit memaafkannya dan berakhir memusuhinya. Namun, terkadang rasa marah dan tidak bisa memaafkan ini yang membuatmu sulit untuk move on.

4. Sibukkan Diri dengan Hal Lain

Pikiran tentang mantan biasanya muncul ketika kamu sedang luang atau tidak ada pikiran. Sebaiknya kamu menyibukkan diri dengan hal-hal lain atau mengisi waktu luang dengan kegiatan-kegiatan positif, seperti menonton drama Korea, membaca novel, membantu ibu, bersih-bersih rumah, atau larut dalam pekerjaan.

Baca juga:  Kenali “Love Language”, Istilah Populer di Kalangan Anak Muda

5. Curhat pada Orang Terdekat

Curhat pada orang terdekat akan sedikit mengurangi beban pikiranmu. Bahkan, bisa saja mereka bisa memberikan saran-saran untukmu agar bisa move on. Maka dari itu, jangan ragu untuk becerita pada orang terdekat.

Sedih dan menangis saat berpisah dengan orang dicintai tentu merupakan hal yang wajar. Namun, jangan terlalu berlarut-larut dalam kesedihan karena masih banyak hal lain yang menunggumu di luar sana. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *