Ilustrasi. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Solo traveling atau bepergian sendiri bukanlah hal yang buruk. Nyatanya ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan saat kamu memilih untuk solo traveling.

Yuk simak manfaatnya, dikutip dari berbagai sumber :

1. Bebas Mengatur Rencana Liburan

Saat pergi berkelompok, menyesuaikan rencana liburan adalah hal yang paling sulit. Setiap orang harus menyesuaikan jadwal dan keinginan masing-masing. Maka, ketika solo traveling, kamu tidak perlu memikirkan hal itu lagi.

Kamu bebas mengatur rencana liburan sesuka hatimu. Selain itu, kamu juga bebas pergi ke mana saja sesuai keinginanmu dan dapat mengubah rencana perjalananmu kapan saja.

Baca juga:  Capai Pariwisata Berkualitas, Bali Perlu Banyak Berbenah

2. Belajar Mandiri

Solo traveling artinya kamu bergantung pada dirimu sendiri, tanpa orang lain. Ini akan membuatmu lebih mandiri dalam melakukan sesuatu karena kamu akan melakukan semuanya sendiri, tanpa bantuan orang lain.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri juga dapat meningkat saat solo traveling. Ketika kamu tersesat dalam perjalanan atau tidak tahu apa-apa, kamu harus bertanya kepada orang lain atau orang di sekitar dan ini akan meningkatkan kepercayaan dirimu.

Baca juga:  Presiden Jokowi Tinjau GWK

4. Memiliki Waktu untuk Mengenal Diri Sendiri

Pergi sendiri artinya kamu akan memiliki waktu untuk diri sendiri dan memiliki lebih banyak waktu untuk mengenal dirimu sendiri. Mungkin saja ketika solo traveling, kamu menemukan sisi baru dari dirimu yang tidak pernah kamu ketahui.

5. Belajar Mengatur Keuangan

Saat solo traveling, kamu mengatur keuanganmu sendiri. Kamu harus pintar-pintar mengatur keuanganmu agar cukup sampai kamu pulang.

6. Berinteraksi dengan Orang-orang Baru

Baca juga:  Prodi MKH Poltekpar Bali Latih Warga Jatiluwih Teknik Promosi lewat Media Digital

Berinteraksi dengan orang-orang baru tentunya akan lebih mudah dan lebih banyak dilakukan saat kamu pergi sendiri. Apalagi ketika kamu tidak tahu arah atau tidak mengetahui sesuatu, mau tidak mau kamu harus bertanya pada orang sekitar. Selain itu, rasa kesepian pergi sendiri mungkin akan membuatmu ingin berinteraksi dengan orang sekitar.

Pergi sendiri bukan berarti kamu kesepian. Mungkin kamu membutuhkan lebih banyak waktu untuk diri sendiri atau kamu memang lebih suka sendiri. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *