Warga melakukan aksi tanam mangrove sebagai upaya meningkatkan ruang terbuka hijau dan kawasan hutan. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kondisi bumi kini kian memburuk, ditandai pemanasan global yang menyebabkan cuaca tidak menentu. Sudah seharusnya kita sebagai manusia turut ikut memperhatikan kondisi bumi dengan mulai menjaga lingkungan sekitar.

Berikut delapan cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga lingkungan :

  1. Jangan Buang Sampah Sembarangan
    Ini adalah hal yang utama dan pertama yang perlu kamu lakukan. Buanglah sampah pada tempatnya agar kamu tidak merusak lingkungan.
  2. Minimalisir Penggunaan Benda Sekali Pakai
    Benda sekali pakai hanya akan menambah tumpukan sampah. Penggunaan benda sekali pakai yang perlu kamu minimalisir, seperti sedotan, kantong plastik, styrofoam, botol plastik, hingga gallon sekali pakai. Benda-benda itu membutuhkan waktu yang lama untuk terurai sempurna. Kamu dapat mengganti benda tersebut dengan benda yang dapat dipakai berulang kali, seperti botol minum tumblr, kotak makan, totebag, hingga sedotan stainless.
  3. Daur Ulang Sampah
    Sampah juga bisa didaur ulang menjadi barang yang berguna, seperti tas yang terbuat dari kemasan makanan bekas, hiasan rumah yang terbuat dari kemasan minuman bekas, hingga mendaur ulang sampah menjadi pupuk.
  4. Pilah Sampah dengan Baik
    Memilah sampah organik, anorganik, dan sampah berbahaya akan membantu tempat penampungan sampah untuk mengolahnya.
  5. Berhenti Merokok
    Selain buruk bagi kesehatan, asap rokok juga buruk untuk lingkungan. Sebaiknya kamu mulai berhenti untuk merokok atau setidaknya jangan merokok di tempat terbuka.
  6. Hemat Air
    Beberapa daerah mengalami krisis air bersih akibat penggunaan air yang berlebih di masa lalu dan sistem pengelolaan air yang buruk. Menggunakan air secukupnya dan menghemat air setidaknya akan memgurangi risiko krisis air bersih di masa depan.
  7. Tanam Pohon
    Polusi di kota-kota besar berisiko menimbulkan penyakit pernapasan. Untuk mengurangi risiko ini, kamu dapat menanam pohon hijau yang dapat menghasilkan oksigen. Kamu bisa menanamnya di area rumah kamu atau ikut volunteer menanam pohon yang kini telah banyak dilakukan.
  8. Minimalisir Penggunaan Benda Elektronik
    Penggunaan alat elektronik seperti AC dan kulkas menimbulkan gas CFC yang dapat merusak lapisan ozon, yang kemudian menimbulkan pemanasan global. Kamu dapat meminimalisir risiko yang ditimbulkan dengan menggunakan benda tersebut secukupnya dan dimatikan usai menggunakannya.
Baca juga:  Polusi Udara, Waspadai 6 Penyakit Ini

Mulai mengubah pola hidup dan menjaga lingkungan sedini mungkin akan berguna di masa depan. Yuk mulai jaga lingkungan sekitar kita agar bumi bisa membaik! (kmb/balipost)

BAGIKAN