Ilustrasi. (BP/Dokumen Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kondisi work-life balance adalah suatu kondisi di mana kehidupan kerja dan pribadi berada dalam keadaan yang seimbang. Kondisi ini semakin menjadi perhatian publik karena lebih banyak pekerja yang fokus pada pekerjaannya, sehingga kehidupan pribadinya terlupakan.

Berikut empat alasan pentingnya work-life balance yang dilansir dari The Happinnes Index :

1. Mengurangi Masalah Kesehatan Mental

Ketika kamu terlalu stres dan bekerja berlebihan, kesehatan metal dan fisik akan berada dalam bahaya. Bekerja berlebihan tanpa istirahat akan membuat fisik lelah, bahkan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit serius, seperti stroke hingga gangguan pernapasan.

Baca juga:  Kecamatan Mengwi Sepakat Bangun TPST

Sebaiknya kamu memperhatikan kesehatan kamu ketika bekerja. Saat kamu merasa jenuh dan lelah, sebaiknya kamu beristirahat dan tidak memaksakan diri untuk bekerja. Selain itu, untuk mengurangi stres, kamu bisa melakukan hobimu di sela-sela pekerjaan, seperti menonton atau membaca novel.

2. Mempererat Hubungan

Kehidupan kerja dan pribadi yang seimbang akan membuat hubungan sosial maupun hubungan dengan keluargamu erat. Sisihkan waktumu untuk menjalin kehidupan sosial dan berinteraksi dengan keluarga.
Selain itu, jika memang ada urusan keluarga yang mendesak, jangan sungkan untuk meminta izin pada atasanmu untuk pergi lebih dulu.

Baca juga:  Literasi Digital bagi Kemajuan Peradaban Digital

3. Mengurangi Burnouts

Burnout merupakan kelelahan mental yang dapat mempengaruhi fisik. Jika kamu bekerja secara berlebih, hingga menimbulkan stres, maka tubuhmu akan terasa lelah.

Rasa lelah itu kemudian membuat tubuhmu rentan terhadap penyakit, seperti sakit kepala, pilek, hingga demam. Maka dari itu, jika kamu sudah merasa lelah, sebaiknya segera beristirahat.

4. Meningkatkan Fokus Kerja

Ketika kehidupan kerja dan pribadimu seimbang, kamu akan terhindar dari segala beban pikiran yang membuatmu tidak fokus saat sedang bekerja.

Baca juga:  IAKMI Minta Beban Kerja Nakes Diperhatikan

Pekerjaanmu akan terasa lebih ringan dan menyenangkan saat perhatianmu bisa fokus pada pekerjaan, tanpa memikirkan masalah lain. Fokus kerja juga akan membuat produktivitasmu dalam bekerja semakin meningkat. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *