akomodasi
Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Beberapa universitas telah meliburkan mahasiswanya. Biasanya, waktu libur semester cukup panjang, sekitar satu hingga dua bulan.

Bagi kamu yang mudah merasa bosan di rumah dan ingin melakukan kegiatan bermanfaat selama liburan, maupun menambah cuan, kamu bisa mencoba beberapa kegiatan di bawah ini, yang dikutip dari berbagai sumber :

1. Mengikuti Volunteer

Jika kamu suka melakukan kegiatan pengabdian dan membantu orang yang membutuhkan, kamu bisa mendaftarkan diri ke salah satu kegiatan volunteer. Info mengenai kegiatan volunteer sangat mudah ditemukan di media sosial, seperti Instagram. Kegiatan yang saat ini sedang banyak dilakukan adalah mengajar di daerah tertinggal.

Baca juga:  Optimalisasi Tracing Dilakukan Secara Digital

2. Mengikuti Kepanitiaan atau Organisasi

Berorganisasi memiliki banyak manfaat, seperti menumbuhkan relasi, melatih kemampuan kerja sama tim, hingga melatih kepemimpinan. Kepanitiaan dan organisasi ini banyak jenisnya, mulai dari yang ada di kampus atau di luar kampus. Mengikuti kepanitiaan dan organisasi akan membuat kamu sibuk, sehingga kamu akan terhindar dari rasa bosan di rumah.

3. Magang

Selama kegiatan belajar mengajar di rumah, kamu mungkin hanya sekadar mendapatkan teori saja. Nah, jika kamu ingin mempraktikan teori yang kamu dapatkan selama kuliah, kamu bisa mencoba magang di sebuah perusahaan. Biasanya, durasi magang yang diterima oleh perusahaan berkisar dua hingga tiga bulan.

Baca juga:  Terdampak Kebakaran TPA Suwung, Lima KK Ngungsi ke Serangan

4. Freelance

Jika kamu memiliki keterampilan, tapi tidak ingin terikat dengan sebuah perusahaan atau orang lain, kamu bisa mencoba menjadi freelancer. Saat ini, profesi freelancer cukup banyak diminati oleh masyarakat karena menghasilkan uang dan waktunya juga fleksibel.

Ada banyak bidang yang bisa kamu geluti di sini sesuai kemampuan dan keterampilan kamu. Selain itu, kelak saat semester baru dimulai, kamu tetap bisa mempertahankan pekerjaan kamu sebagai freelancer karena waktu kerjanya cenderung tidak mengikat.

5. Part time

Baca juga:  Zona Orange COVID-1 di Bali Bertambah, Ini Sebarannya

Pekerjaan part time juga cukup banyak diminati oleh anak muda. Part time atau paruh waktu artinya kamu hanya perlu bekerja setengah hari. Lowongan part time juga mudah ditemukan di media sosial.

6. Menyiapkan materi semester depan

Selama libur semester, kamu juga dapat menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk semester depan. Dengan persiapan yang matang, kamu tidak akan terlalu kaget ketika semester baru dimulai.

Itu tadi kegiatan bermanfaat yang dapat kamu lakukan saat libur semester. Jika kamu merasa bosan atau ingin mengumpulkan uang saat libur, kamu bisa mencoba salah satu kegiatan tersebut. (kmb/balipost)

BAGIKAN