Suasana kedatangan naker migran di Bandara Ngurah Rai. (BP/dok)

GIANYAR, BALIPOST.com – Pandemi COVID-19 masih berlangsung di seluruh dunia. Namun, sudah ada puluhan negara yang membuka peluang untuk tenaga kerja asing, termasuk naker asal Indonesia.

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Gianyar, A.A. Dalem Jagadhita, Selasa (27/10), ada sekitar 23 negara yang saat ini tengah membuka peluang bagi TKA bekerja di negaranya. Diungkapkan, bidang kerja yang dibuka dominan di sektor pariwisata dan keahlian khusus. “Jadi ini memang hanya pekerjaan tertentu dan keahlian khusus, dan sifat kontraknya juga limited,” katanya.

Baca juga:  Didalami, Selisih Anggaran di RS Puri Raharja yang Capai Miliaran Rupiah

Ia mengatakan animo masyarakat untuk kembali bekerja sebagai naker migran memang masih tinggi. “Banyak yang mennyakan ke Disnaker, jadi animonya memang masih tinggi,” katanya.

Ditambahkan Disnaker hanya bertugas memeriksa dokumen persiapan pemberangkatan. Persiapan yang dimaksud, diantaranya dokumen paspor dan kelengkapan lainnya seperti surat keterangan sehat. “Disnaker selalu siap memfasilitasi, termasuk memberikan informasi apapun yang berkait PMI melalui web Disnaker,” bebernya.

Baca juga:  Gubernur Koster Minta PKK Pantau Dampak COVID-19

Ditambahkan terkait pemberangkatan PMI adalah kewenangan BP3TKI Pusat. Bagi PMI yang akan bekerja keluar, persyaratannya akan lebih ketat, karena menyangkut jaminan kesehatan. “Persyaratan untuk bekerja ke luar, sekarang lebih ketat, namun pastinya PMI sudah mengetahui, dokumen apa yang dibutuhkan untuk bekerja lagi,” tandasnya. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.