Aparat membersihkan pohon tumbang dan menutup akses jalan di Desa Peliatan, Gianyar. (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Akibat cuaca ekstrem, pohon tumbang di Jalan Gunung Sari, Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Kamis (22/12). Kapolsek Ubud, Kompol I Gusti Ngurah Yudistira, S.H., M.H mengatakan selain menutup akses jalan, pohon juga menimpa sebuah ruko.

Diungkapkannya, pohon cemcem yang tumbang berdiameter sekitar 1 meter. Pohon ini menimpa sebuah ruko berukuran 6×8 meter dan menutupi badan jalan.

Kapolsek Ubud menjelaskan tidak ada korban jiwa hanya saja pemilik ruko mengalami kerugian, kurang lebih sebesar Rp 8 juta.

Baca juga:  Pohon Jati Tumbang di Cekik, Lalin Denpasar-Gilimanuk Macet

Kronologi kejadian, saksi, Nyoman Gunaksa sedang membuat kopi di dapurnya dan mendengar suara “krepet-krepet”. Selang beberapa saat kemudian mendengar suara gemuruh dan dilihat ruko yang dikontraknya sudah tertimpa pohon cemcem.

Personel Polsek Ubud yang dipimpin Waka Polsek Ubud AKP Dewa Gede Oka, S.Sos., SH., MH dan BPBD Gianyar yang didampingi kepala BPBD Ida Bagus Putu Swamba tiba di TKP dan melakukan upaya evakuasi dengan memotong ranting dan batang pohon yang tumbang tersebut dengan menggunakan chainsaw. “Pukul 09.16 WITA, ranting dan batang pohon tumbang tersebut dapat dibersihkan dan dipindahkan ke sisi jalan,” ucapnya.

Baca juga:  Tak Berizin, Pemilik Rumah 3 Lantai di Bedulu Penuhi Panggilan Satpol PP

Kompol Yudistira menambahkan pohon tersebut sempat membuat kemacetan arus lalulintas di Jalan Raya Ambengan tembus Laplapan. “Setelah dilakukan upaya pengaturan lalulintas oleh personil Polsek Ubud arus lalu lintas kembali normal,” jelasnya. (Wirnaya/balipost)

BAGIKAN