YOGYAKARTA, BALIPOST.com – Apresiasi ke pejuang transportasi, seperti sopir ambulans, personel pemadam kebakaran, penjaga pintu kereta api, hingga driver ojek online, dan UMKM diberikan dengan jumlah cukup fantastis. Total Rp18,5 miliar dikucurkan ke 45 ribu penerima.

Penerima manfaat dari program Apresiasi Dana Abadi ini ada yang memperoleh dana tunai, beasiswa, motor listrik, hingga mobil. Dikutip dari rilisnya, apresiasi ini diberikan Grab bekerja sama dengan BenihBaik.com.

Penyerahan apresiasi ini dilakukan pada Hari Mitra Grab di Yogyakarta pada Minggu (11/12). Neneng Goenadi, Country Managing Director, Grab Indonesia, mengatakan pelaksanaan kegiatan ini sejak pertama kali digelar hingga saat ini masih tetap sama, yaitu menjadikan ajang ini sebagai hari-nya para mitra.

Baca juga:  Pandemi, Kesadaran Masyarakat akan Higienitas dan Kebersihan Meningkat

“Selain menjadi wadah bagi kami untuk secara konsisten mengapresiasi para mitra yang telah loyal dan berdedikasi, gelaran tahunan ini juga diharapkan dapat membawa kegembiraan bagi mitra dengan adanya ragam aktivitas hiburan, mulai dari penampilan dari musisi kenamaan hingga ajang unjuk bakat,” jelasnya.

Grab bekerja sama dengan BenihBaik.com, platform crowdfunding untuk kegiatan sosial, yang memberikan apresiasi kepada lebih dari 45 ribu Pejuang Transportasi dan Pejuang UMKM. Ia menyebutkan ada 1.158 anak mitra yang dan masyarakat umum yang memperoleh beasiswa untuk jenjang pendidikan SD, SMP, SMA/SMK, dan Universitas. Dana tunai bagi 45 ribu penerima, Dana operasional sebesar Rp25 juta untuk pengembangan bisnis bagi 100 pelaku UMKM, 44 unit motor listrik, dan 4 unit mobil

Baca juga:  Peringati HAN, Anak-anak Mitra Pengemudi Dibagikan Sepatu Edisi Terbatas

Andy F. Noya, CEO & Founder Yayasan Benih Baik Indonesia (BenihBaik.com) menyebut para pekerja di sektor transportasi dan pelaku UMKM dapat dikategorikan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang kerap terlupakan keberadaannya. Padahal kehadirannya sangat berharga dan mempermudah kehidupan masyarakat. “Kami berharap apresiasi ini dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi para penerimanya,” katanya.

Salah satu penerima, mengaku tidak menyangka mendapat mobil. “Ga nyangka banget saya dapet mobil yang akan sangat membantu saya untuk menambah penghasilan dan bawa jalan-jalan. Anak saya juga kaget dan bangga banget sama saya,” ujar Ia Julaeha dari Batam.

Baca juga:  Dari Tangkap Anggota Ormas di Kedonganan hingga Level 3 Kembali Disesuaikan

Rasa haru juga disampaikan Muhammad Amirudin yang berasal dari Denpasar. “Sejak pandemi, saya terkena dampak yang bisa dibilang signifikan bagi usaha saya, tak sedikit momen-momen saya ingin menyerah dan pengen gulung tikar aja. Saya terharu banget bisa mendapatkan dana operasional untuk perluasan outlet, ga pernah ada dalam bayangan saya bisa nambah tempat usaha,” sebutnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN