Anggota Polda Bali tergantung dalam Satgas Garuda Bhayangkara FPU 3 Minusca saat melaksanakan tugas misi perdamaian PBB di Afrika Tengah. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tiga personel Polda Bali yang bergabung Satgas Garuda Bhayangkara FPU 3 Minusca. Mereka mengemban tugas Misi Pemeliharaan Perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (MPP PBB). Ketiga personel Polda Bali tersebut yaitu AKP I Wayan Oka Yasa, Iptu Adrian Rizki Ramadhan dan Briptu I Komang Juliharta.

Mereka melaksanakan tugas di Afrika Tengah sejak 12 September 2021 dan kembali pada September lalu. Atas dedikasi dan kinerja yang baik selama melaksanakan tugas, mereka meraih empat penghargaan, yakni United Nation Medal, Satya Lencana Bhakti Buana, Le President De La Republique Chef De L’Etat (penghargaan dari Presiden Afrika Tengah), dan Medalille De’Honneur De La Police (penghargaan dari Menteri Dalam Negeri Afrika Tengah).

Baca juga:  2022, Denpasar akan Bangun Dua SMP Negeri

Perlu diketahui, AKP Oka Yasa berdinas di Satbrimob, Iptu Adrian di Biro SDM dan Briptu Juliharta di Dit Polaiud. Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Satake Bayu, Rabu (21/12) menjelaskan, dalam penugasan tersebut, ketiga personel tersebut bertugas di wilayah Republik Afrika Tengah, tepatnya Ibukota Bangui. Tugasnya melaksanakan people protection (perlindungan warga sipil), escort (pengawalan) dan patrol (patroli) untuk menjamin keamanan di wilayah Kota Bangui.

Baca juga:  Polda Razia Kendaraan Dinas, Ini Hasilnya

Tujuannya mencegah serangan Armed Group (milisi bersenjata) terhadap masyarakat sipil dan mencegah terjadinya pelecehan seksual/SEA (Sexual Exploitation and Abuse) yang marak terjadi di Republik Afrika Tengah. “Dalam melaksanakan tugas di negara asing, personel Polri kita tentu harus lebih waspada terhadap situasi dan kondisi disana yang tidak dapat diterka, karena setiap saat situasi dapat berubah sewaktu-waktu,” ujarnya.

Menurutnya, banyak pengalaman yang diperoleh anggota saat menjalankan misi tersebut, diantaranya merasakan pengalaman yang luar biasa seperti pentingnya menjaga kesatuan dan persatuan bangsa di atas segalanya. Pasalnya negara yang sedang berkonflik tidak akan menghadirkan kehidupan yang tentram dan damai untuk warga negaranya.

Baca juga:  Panjer Masuk Zona Merah COVID-19, Akses Selektif Dibantu Aparat Kepolisian

Maka itu ketiga personel tersebut mengharapkan kepada seluruh warga negara Indonesia untuk selalu menjaga kerukunan dan perdamaian diatas keberanekaragaman budaya bangsa Indonesia. “Ini sangat membanggakan personel Polda Bali yang telah melaksanakan tugas dalam Satgas Garuda Bhayangkara FPU 3 Minusca. Semoga hal ini dapat menjadi role model bagi setiap personel Polri, khususnya Polda Bali yang ingin berkontribusi dalam misi menjaga perdamaian dunia di bawah naungan PBB,” tutupnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *