Wisatawan saat berkunjung ke objek wisata Pura Agung Besakih. Kunjungan ke Besakih masih didominasi wisman. (BP/Dokumen)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Jumlah pengunjung ke objek wisata Pura Agung Besakih pada 2022 mencapai 90 ribu orang. Dari jumlah tersebut, kunjungan didominasi oleh wisatawan mancanegara (wisman).

Manajer Operasional Pura Agung Besakih, I Gusti Bagus Karyawan mengatakan, jumlah kunjungan sejak Januari hingga pertengahan Desember ini jumlahnya mencapai 90.682 orang. Dari jumlah itu, kunjungan didominasi wisatawan asing dengan jumlah kunjungan 73.172 orang.

Sementara untuk kunjungan wisatawan domestik hanya 17.510 orang. “Sejak dulu kunjungan ke Besakih memang lebih banyak wisatawan asing,” ujarnya belum lama ini.

Baca juga:  Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1443 H Jatuh pada 2 Mei

Karyawan menambahkan, pihaknya berharap dengan adanya penataan kawasan Pura Agung Besakih nantinya bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Besakih. Terlebih dengan sejumlah fasilitas yang lebih modern. “Dengan penataan ini tentu akan menjadi daya tarik dan juga bisa lebih memberi kenyamanan. Kami juga tengah mempersiapkan peningkatan SDM untuk bisa meningkatkan pelayanan,” katanya.

Dia menjelaskan, penataan kawasan Pura Agung Besakih berisi penambahan sejumlah fasilitas. Seperti gedung parkir, pusat informasi, penataan di Margi Agung serta adanya pusat ekonomi di Bencingah Agung hingga bioskop untuk pemuteran film dokumenter Pura Agung Besakih. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Balik di Atas 30 Orang, Tambahan Kasus COVID-19 Bali
BAGIKAN