Prof. Dr. I Wayan Lasmawan. (BP/Istimewa)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Universitas Pendidikan Ganseha (Undiksha) Singaraja sedang melaksanakan tahapan pemilihan rektor (pilrek) periode 2023/2027. Dalam tahapan penyaringan yang digelar tertutup, Kamis (15/12), bakal calon (bacalon) rektor Prof. Dr. Wayan Lasmawan, M.Pd berhasil meraup seuara terbanyak.

Lasmawan memperoleh 27 suara. Disusul, Dr. I Ketut Sudiana, M.Kes. mendapat 6 suara, dan Dr. I Wayan Artanayasa, S.Pd.,M.Pd memeroleh 5 suara. Sedangkan Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si. merebut 1 suara saja.

Baca juga:  Di Buleleng, Dari Ratusan Naker Migran yang Sudah Terdata Pulang Baru Segini Bersedia Diisolasi

Ketua Senat Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd., mengatakan, tahapan penyaringan secara tertutup ini sesuai dengan Peraturan Senat No. 2 Tahun 2022 tentang Pemilihan Rektor dan Peraturan Senat No. 3 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pemilihan Rektor. Dari 39 orang pemilih, sebanyak 27 pemilih memberi suaranya kepada bacalon rektor Prof. Lasmawan.

Dengan hasil pemilihan ini, tiga suara terbanyak, oleh senat ditetapkan ditetapkan sebagai calon rektor. Menurut Prof. Sudiana, hasil pemilihan calon rektor selanjutnya diajukan ke Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemdikbudristekdikti RI).

Baca juga:  PMB, Undiksha Siapkan 7.039 Kursi

Calon rektor ini akan menjalani wawancara yang dilakukan oleh Mendikbudristekdikti RI. “Hari ini kami melaksanakan tahap penyaringan untuk memilih calon rektor. Hasil ini akan dikirim dulu ke kementerian, lalu disana akan dievaluasi, divalidasi. Setelah itu terpenuhi semua syaratnya maka akan ada pemilihan rektor yang dijadwalkan antara tanggal 16 atau 27 Januari 2023 mendatang,” katanya.

Terkait dengan mekanisme pilrek mendatang, mantan Rektor Undiksha ini menyebut, pada tahapan penyaringan calon rektor ini, ditetapkan pemegang hak pilih sebesar 65 persen adalah dari Senat Undiksha. Ini terdiri dari unsur wakil, pimpinan lembaga, para guru besar, dosen, pegawai, dan wakil mahasiswa. (Mudiarta/balipost)

Baca juga:  SBMPTN 2017, Undiksha Siap Gelar Ujian CBT dan PPT
BAGIKAN